Berita

Petani Kelapa Sawit Demo di Istana Hari Ini, Minta Jokowi Tinjau Larangan Ekspor

CIANJURUPDATE.CO, Cianjur – Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) menggelar aksi demo tentang larangan ekspor minyak goreng dan CPO di Istana Negara, Jakarta, hari ini, Selasa (17/5/2022).

Selain jtu, Ketua Umum DPP Apkasindo Gulat ME Manurung mengungkapkan, Aksi Keprihatinan Petani Sawit Indonesia pun digelar serentak di 22 provinsi dan 146 kabupaten/kota.

Dalam aksi demo ini, para petani kelapa sawit melayangkan lima tuntutan untuk Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Pertama, Apkasindo meminta Presiden Jokowi melindungi 16 juta petani sawit yang terdampak penurunan harga tandan buah segar (TBS) sawit sebesar 70 persen di 22 provinsi produsen sawit.

Gulat menjelaskan, larangan ekspor minyak goreng dan CPO berdampak langsung kepada turunnya harga TBS kelapa sawit di seluruh Indonesia. Khususnya, perkebunan kelapa sawit. 

Oleh sebab itu, Apkasindo meminta pemerintah untuk meninjau dan mengkaji ulang larangan ekspor sawit serta minyak goreng.

“Kami meminta Presiden untuk meninjau ulang kebijakan larangan ekspor sawit dan produk minyak goreng sawit (MGS) serta bahan bakunya karena dampaknya langsung ke harga TBS sawit,” kata Gulat dikutip Bisnis.com, Selasa (17/5/2022).

Baca Juga: Minyak Goreng Langka di Sejumlah Minimarket Cianjur

Saat ini, lanjut dia, dari 1.118 pabrik sawit di Indonesia sedikitnya 25 persen sudah menghentikan pembelian TBS sawit petani. 

Hal itu terjadi usai harga TBS petani sudah merosot 40-70 persen dari harga penetapan Disbun. Ia menilai, ini terjadi secara merata setelah larangan ekspor 28 April lalu.

1 2 3Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Back to top button