banner 325x300
Olahraga

Menahan Bola dengan Dua Tangan dari Arah Bawah Disebut Apa?

×

Menahan Bola dengan Dua Tangan dari Arah Bawah Disebut Apa?

Sebarkan artikel ini
menahan bola dengan dua tangan dari arah bawah disebut
Eshar/Cianjur Update

CIANJURUPDATE.COM – Pertanyaannya menahan bola dengan dua tangan dari arah bawah disebut? Apakah Anda suka bermain bola voli? Jika ya, tentu Anda sudah familiar dengan berbagai teknik dasar dalam permainan ini, seperti passing, serve, smash, dan blocking.

Namun, apakah Anda tahu bahwa selain menahan bola dengan dua tangan dari arah bawah disebut, ada satu teknik lagi yang sering digunakan oleh pemain bola voli, yaitu menahan bola dengan dua tangan dari arah bawah? Teknik ini biasa disebut dig atau passing bawah. Apa itu dig dan bagaimana cara melakukannya dengan benar? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

banner 325x300

Baca Juga: Bagaimana Cara Memberikan Dorongan kepada Teman Kita untuk Beramal Baik dan Menjauhi Amal yang Buruk?

Artikel ini akan memberikan Anda informasi yang bermanfaat tentang menahan bola dengan dua tangan dari arah bawah disebut teknik dig dalam bola voli, termasuk definisi, fungsi, cara, dan tips melakukannya. Dengan membaca artikel ini, Anda akan mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam tentang salah satu teknik dasar bola voli yang penting untuk dikuasai. Selain itu, Anda juga akan dapat meningkatkan keterampilan dan performa Anda dalam bermain bola voli. Jadi, jangan lewatkan artikel ini sampai habis, ya!

Apa Itu menahan bola dengan dua tangan dari arah bawah disebut Dig dalam Bola Voli?

Dig adalah teknik menahan bola dengan dua tangan yang saling menggenggam dari arah bawah. Teknik ini biasanya digunakan untuk menerima bola yang datang dengan kecepatan tinggi atau sudut rendah, seperti bola servis, bola smash, atau bola pantul. Tujuan dari teknik ini adalah untuk mengontrol bola agar tidak jatuh ke lantai dan mengirimkannya kembali ke rekan tim atau ke sisi lawan.

Teknik dig merupakan salah satu teknik dasar bola voli yang wajib dikuasai oleh setiap pemain, terutama pemain belakang atau libero. Dengan menguasai teknik ini, pemain dapat mengantisipasi serangan lawan dan mempertahankan poin timnya. Selain itu, teknik ini juga dapat membantu pemain untuk memulai serangan balik dengan mengumpan bola ke pemain depan atau pemain smash.

Bagaimana Cara Melakukan Dig dengan Benar?

Untuk melakukan menahan bola dengan dua tangan dari arah bawah disebut dig dengan benar, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Sikap awal. Pemain harus berdiri dengan kaki selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk. Tangan harus saling menggenggam dengan ibu jari berada di atas dan telapak tangan menghadap ke bawah. Posisi tangan harus sejajar dengan pinggang dan sedikit menjauh dari tubuh. Pandangan harus fokus ke arah datangnya bola.
  • Gerakan menahan bola. Ketika bola mendekat, pemain harus menggerakkan tangan ke arah bola dan menahannya dengan lengan bawah bagian dalam. Sentuhan bola harus sebentar dan lembut, agar bola tidak memantul terlalu tinggi atau terlalu rendah. Pemain harus mengikuti arah gerakan bola dengan mengayunkan tangan ke atas dan ke depan. Pemain juga harus menggerakkan kaki untuk menyesuaikan posisi tubuh dengan bola.
  • Gerakan mengirim bola. Setelah menahan bola, pemain harus mengirimkannya kembali ke rekan tim atau ke sisi lawan dengan cara yang sesuai. Jika bola datang dengan kecepatan rendah atau sudut tinggi, pemain dapat mengirimkannya dengan cara passing atas atau set. Jika bola datang dengan kecepatan tinggi atau sudut rendah, pemain dapat mengirimkannya dengan cara passing bawah atau dig. Pemain harus mengarahkan bola ke tempat yang strategis, seperti ke pemain depan atau ke sudut lapangan lawan.

Tips Melakukan menahan bola dengan dua tangan dari arah bawah disebut Dig dengan Baik

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk melakukan dig dengan baik:

  • Latih refleks dan koordinasi mata-tangan. Teknik dig membutuhkan refleks dan koordinasi mata-tangan yang baik, karena pemain harus bereaksi cepat dan tepat untuk menahan bola yang datang dengan kecepatan dan sudut yang bervariasi. Anda dapat melatih refleks dan koordinasi mata-tangan Anda dengan berbagai cara, seperti bermain game, jongkok, atau berlatih dengan bola voli.
  • Jaga keseimbangan tubuh. Teknik dig juga membutuhkan keseimbangan tubuh yang baik, karena pemain harus dapat menyesuaikan posisi tubuh dengan bola tanpa kehilangan keseimbangan. Anda dapat menjaga keseimbangan tubuh Anda dengan cara berdiri tegak, menekuk lutut, dan menyebar berat badan ke kedua kaki. Anda juga dapat melatih keseimbangan tubuh Anda dengan cara berdiri di satu kaki, berjalan di atas garis, atau berlatih dengan bola voli.
  • Gunakan teknik yang sesuai dengan situasi. Teknik dig tidak selalu harus dilakukan dengan dua tangan yang saling menggenggam. Terkadang, Anda dapat menggunakan satu tangan saja, terutama jika bola datang dengan sudut yang sangat rendah atau sangat tinggi. Anda juga dapat menggunakan bagian tubuh lain, seperti dada, paha, atau kaki, jika bola datang dengan sudut yang sulit untuk dijangkau dengan tangan. Yang penting, Anda harus dapat mengontrol bola dan mengirimkannya kembali dengan cara yang benar.

Kesimpulan

Teknik dig adalah teknik menahan bola dengan dua tangan yang saling menggenggam dari arah bawah. Teknik ini biasa digunakan untuk menerima bola yang datang dengan kecepatan tinggi atau sudut rendah, seperti bola servis, bola smash, atau bola pantul. Tujuan dari teknik ini adalah untuk mengontrol bola agar tidak jatuh ke lantai dan mengirimkannya kembali ke rekan tim atau ke sisi lawan.

Untuk melakukan dig dengan benar, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan, yaitu sikap awal, gerakan menahan bola, dan gerakan mengirim bola. Selain itu, ada juga beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk melakukan dig dengan baik, yaitu latih refleks dan koordinasi mata-tangan, jaga keseimbangan tubuh, dan gunakan teknik yang sesuai dengan situasi.

Demikian artikel tentang menahan bola dengan dua tangan dari arah bawah disebut teknik dig dalam bola voli yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu Anda tentang permainan bola voli.

Jika Anda memiliki pertanyaan selain menahan bola dengan dua tangan dari arah bawah disebut , saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa juga untuk berlangganan, mengomentari, atau membagikan artikel ini ke teman-teman Anda yang juga suka bermain bola voli. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan