banner 325x300
Berita

Arus Pendek Listrik, 5 Rumah di Cipanas Hangus Terbakar

×

Arus Pendek Listrik, 5 Rumah di Cipanas Hangus Terbakar

Sebarkan artikel ini
Arus Pendek Listrik, 5 Rumah di Cipanas Hangus Terbakar
Arus Pendek Listrik, 5 Rumah di Cipanas Hangus Terbakar. (Foto: Istimewa)

CIANJURUPDATE.COM – Lima rumah di Kampung Jemprak, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Cianjur hangus terbakar pada Sabtu (3o/4/2024) siang.

Para pemilik rumah yang terbakar, Sunarti (60),  Euis (50), Iwan Suandi (42), Usman Hair (55), dan Yayat (45), yang merupakan wiraswasta mengalami kerugian besar akibat kebakaran di Cipanas itu.

banner 325x300

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Cianjur, Miki Arisona menjelaskan, penyebab kebakaran diduga berasal dari arus pendek listrik yang terjadi di salah satu rumah di sekitar wilayah tersebut.

BACA JUGA: VIDEO: Kebakaran Rumah di Cipanas Cianjur, Api Berkobar dan Asap Membumbung Tinggi

“Meskipun tidak ada korban jiwa dilaporkan, kerugian materiil diperkirakan mencapai sekitar Rp800 juta,” kata dia.

Petugas pemadam kebakaran menerima laporan telepon pada pukul 12.10 WIB dan berhasil tiba di lokasi dalam waktu 10 menit setelah menerima laporan.

“Walaupun jarak tempuh menuju lokasi cukup jauh, sekitar 4 kilometer, petugas berhasil menangani kebakaran dalam waktu 2 jam dengan dukungan 11 personel dan 2 unit kendaraan pemadam,” ungkap dia.

Untuk mencegah kejadian serupa, Miki mengimbau warga untuk melakukan pencegahan seperti memeriksa instalasi listrik secara berkala, menggunakan peralatan listrik dengan bijak, dan menghindari overloading listrik.

BACA JUGA: Gangguan Layanan IM3 Disebabkan Kebakaran Gedung Pemancar, Begini Kronologisnya

Tips Mencegah Kebakaran Akibat Arus Pendek Listrik

Berikut ini adalah beberapa tips penting untuk melindungi rumah dan keluarga dari bahaya arus pendek listrik:

1. Pemeliharaan Rutin

Seperti layaknya manusia yang memerlukan perawatan, instalasi listrik juga membutuhkan pemeliharaan rutin. Pastikan untuk memeriksa soket, saklar, dan kabel secara teratur untuk memastikan tidak ada kerusakan atau keausan yang dapat memicu arus pendek.

2. Instalasi yang Profesional

Jangan mengambil risiko dengan memasang sendiri instalasi listrik jika Anda tidak ahli dalam bidang tersebut. Gunakanlah jasa tenaga listrik profesional yang dapat memastikan instalasi berjalan dengan benar dan sesuai standar keamanan.

3. Gunakan Peralatan Listrik yang Tepat

Pastikan Anda menggunakan peralatan listrik sesuai dengan kapasitas daya listrik yang tersedia. Overload bisa menjadi pemicu utama arus pendek. Selalu ikuti petunjuk penggunaan yang disediakan oleh produsen.

BACA JUGA: Warga Cidaun di Imbau Waspada Kebakaran Dimusim Kemarau

4. Perhatikan Lingkungan

Hindari meletakkan kabel listrik di bawah karpet atau di balik perabotan yang dapat menyebabkan gesekan dan mengakibatkan kabel terkelupas atau rusak.

5. Perangkat Pengaman

Investasikan dalam perangkat pengaman seperti ground fault circuit interrupters (GFCIs) dan surge protectors. Mereka dapat membantu mencegah kebakaran akibat arus pendek dan lonjakan listrik yang tiba-tiba.

6. Pendidikan dan Kesadaran

Ajarkan seluruh anggota keluarga tentang bahaya arus pendek listrik dan langkah-langkah yang harus diambil dalam situasi darurat. Buatlah rencana evakuasi dan pastikan semua orang tahu apa yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran.

7. Periksa secara Berkala

Lakukan inspeksi berkala terhadap sistem listrik rumah Anda. Periksa kabel, soket, saklar, dan peralatan secara berkala untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik dan tidak ada tanda-tanda keausan atau kerusakan.

banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan