Berita

Healing dan Move On Dari Ani Yudhoyono, SBY Tekuni Hobi Melukis

KLIK CIANJUR, Nasional – Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terus berkarya dengan tetap menjadi seniman pelukis. Ia mengungkapkan alasannya mulai melukis dan menekuninya dalam beberapa tahun terakhir.

Semenjak ditinggal sang istri, SBY menerangkan, melukis adalah caranya healing dan move on sejak wafatnya sang istri, Ani Yudhoyono pada Juni 2019 silam.

“Kenapa saya melukis? Ketika Ani dipanggil Allah, meski saya orang beriman, jujur saya sangat berduka, kehilangan, sampai sekarang. Agar saya bisa survive dan move on, saya harus menemukan kegiatan sehari-hari agar healing process berhasil,” ungkap SBY dalam sebuah video yang diputar dalam acara Mengenang Almarhumah Ani Yudhoyono.

Menurutnya, melukis sangat datangkan kedamaian. Melukis adalah caranya dalam menjalani hari-hari berat semenjak ditinggal istri tercinta.

SBY menyebutkan ada tiga hal yang biasanya ia lukis. Pertama yakni foto-foto yang diambil Ani Yudhoyono. Apalagi semasa hidup, sang istri memang dikenal menyukai fotografi.

Selanjutnya, SBY biasa melukis hasil jepretannya sendiri atau foto-foto orang lain. Terakhir, SBY kadang menuangkan imajinasi sendiri ke dalam bentuk lukisan.

“Pertama foto hasil jepretan Ibu Ani, foto saya sendiri setelah Bu Ani wafat, lalu sumber terbuka, foto alam di Tanah Air atau Luar Negeri. Sesekali atas imajinasi saya,” tambah dia.

SBY menerangkan, melalui melukis, ia bisa mengekspresikan mimpi-mimpinya di atas sebuah kanvas, dengan akrilik atau minyak.

“Itu betul-betul tenangkan hati saya. Dalam melukis, saya pilih objek yang bisa mengenang Ibu Ani dan healing process,” imbuhnya.

1 2Laman berikutnya
Back to top button