Gaya Hidup

Apa itu Forlap Dikti: Pengertian, Fungsi, dan Cara Daftar

KLIK CIANJUR – Dunia pendidikan Indonesia tentu tidak lepas dari peranan lembaga Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi atau sering disebut dikti. Dikti, memiliki data tentang perguruan tinggi yang disebut Forlap Dikti.

Menurut Wikipedia, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan merupakan unsur pelaksana di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Sesuai dengan Permendikbud nomor 45 tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi memiliki tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pendidikan tinggi akademik.

Pegertian Forlap Dikti

Apa itu Forlap Dikti? Forlap Dikti adalah informasi yang berasal dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) yang merupakan kumpulan data perguruan tinggi secara nasional yang dikelola Pusat Data dan Informasi Iptek Dikti.

Forlap Dikti atau Forum Laporan Pendidikan Tinggi adalah fasilitas dari Kemenristekdikti. Supaya, masyarakat bisa mengecek dan mengamati informasi data tentang perguruan tinggi, mahasiswa, dan dosen.

Terkait itu, pernahkah Anda mendengar ada perguruan tinggi yang tiba-tiba tutup dan tak menerima mahasiswa lagi. Sementara, masih ada mahasiswa yang belum menyelesaikan studi di kampus tersebut? Kondisi seperti ini bisa menjadi panduan sekaligus pengingat bagi masyarakat umum dan para calon mahasiswa. Agar, lebih cermat lagi memilih perguruan tinggi.

1 2 3Laman berikutnya
Back to top button