banner 325x300
Berita

Petani Sindangbarang Hampir Cangkul Bom

×

Petani Sindangbarang Hampir Cangkul Bom

Sebarkan artikel ini
Babinsa Koramil 0608 Sindangbarang, Pelda Syukri tengah menggenggam bom seukuran ubi di lokasi penemuan di Kampung Pamoyanan, Desa Muaracikadu, Kecamatan Sindangbarang

CIANJURToday – Hernawan (31) seorang petani asal Kampung Pamoyanan, Desa Muaracikadu, Kecamatan Sindangbarang hampir cangkul bom seukuran ubi di kebunnya Kamis (02/08/2018). Bom yang disinyalir memiliki radius ledakan 25 hingga 50 meter persegi tersebut, hampir saja tersentuh cangkul milik Hernawan saat hendak menggali tanah untuk menanam cabai.

Hernawan yang merasa aneh dengan apa yang ditemukannya lantas melaporkan benda yang dianggapnya mirip besi, ke kantor desa setempat. Di kantor desa, ia dimita oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan Bintara Pembina Keamanan ketertiban masyarakat (Bhabinkantibmas) menunjukan letak pertama benda itu ditemukan.

banner 325x300

“Awalnya saya kira ini besi biasa. Tapi karena bentuknya aneh, terlhiat mirip bom jadi saya lapor ke kantor desa,” ujar Hernawan.

Kata Hernawan, pertama kali di hidupnya ia menemukan bom apalagi di kebun miliknya sendiri. Menurut warga setempat, kebun yang dimilikinya memang mempunyai sejarah yang pernah menjadi medan tempur pejuang kemerdekaan.

Baca Juga: Rumah Duloh Terbakar, Siang Bolong

“Sebelumnya belum pernah nemu benda-benda aneh, apalagi bom. Tapi kalau kata orangtua kebun ini, dulunya pernah jadi daerah pertempuran,” ucapnya.

Sementara itu, Babinsa Koramil 0608 Sindangbarang, Pembantu Letnan Dua (Pelda) Syukri mengutarakan, dilihat dari bobot dan bentuk bom yang ditemukan di kebun milik Hernawan, daya ledaknya bisa mencapai radius 25 hingga 50 meter persegi.

“Kami mengimbau kepada warga supaya berhati-hati, apabila menemukan benda serupa untuk segera melaporkannya,” kata dia.

Disinyalir, bom lainnya masih ada di beberapa lokasi dekat pemukikan. Pasalnya kata Syukri, tahun sebelumnya di Kecamatan Sindangbarang pernah ditemukan benda serupa, meski tempatnya agak berjauhan dari penemuan saat ini.

“Setahun yang lalu pernah ditemukan bom juga, di pesisir pantai Sindangbarang,” tandasnya.(RIZ)

banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan