banner 325x300
Berita

Ruas Jalan di Kabupaten Cianjur Membutuhkan Perbaikan Jelang Arus Mudik Idul Fitri 1445 H

×

Ruas Jalan di Kabupaten Cianjur Membutuhkan Perbaikan Jelang Arus Mudik Idul Fitri 1445 H

Sebarkan artikel ini
Ruas Jalan di Kabupaten Cianjur Membutuhkan Perbaikan Jelang Arus Mudik Idul Fitri 1445 H
Ruas Jalan di Kabupaten Cianjur Membutuhkan Perbaikan Jelang Arus Mudik Idul Fitri 1445 H. (Foto: Afsal Muhammad/cianjurupdate.com)

CIANJURUPDATE.COM – Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Cianjur menunjukkan kebutuhan mendesak akan peningkatan kapasitas dan perbaikan menjelang arus mudik Idul Fitri 1445 H.

Beberapa titik di jalur mudik tersebut dilaporkan mengalami kondisi bergelombang, berlubang, dan minim penerangan jalan.

banner 325x300

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Cianjur, AKP Anjar Maulana, menyatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dan berkomunikasi dengan dinas dan instansi terkait terkait kondisi tersebut.

BACA JUGA: Link Pendaftaran Mudik Gratis Angkasa Pura I 2024, Kesempatan Terbaik bagi Pemudik Menuju Surakarta dan Semarang

“Untuk lubang yang terdapat di jalur Puncak, saat ini sedang dalam proses perbaikan, dengan beberapa titik sudah ditambal oleh BBPJN Pusat yang bertanggung jawab atas jalan nasional,” ujarnya dilansir Kompas.com, Sabtu (30/3/2024).

Anjar juga menjelaskan bahwa kondisi jalan bergelombang terlihat di ruas jalur Gekbrong. Namun, secara keseluruhan, jalan menuju Sukabumi memiliki lebar yang cukup untuk dilalui oleh kendaraan arus mudik dan balik lebaran.

“Sementara untuk jalur Jonggol Cikalongkulon, beberapa titik kondisinya minim penerangan prasarana jalan umum, dan masih terdapat badan jalan yang belum diaspal, dengan permukaan masih berupa batu kerikil,” tambahnya.

BACA JUGA: Perkiraan Mudik 2024 Meningkat Menurut Survei Kemenhub

Anjar pun mengimbau kepada pengendara atau pemudik untuk senantiasa berhati-hati dan memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima.

“Kami di kepolisian juga akan menempatkan personel di sejumlah titik yang menjadi fokus perhatian,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Anjar menyatakan bahwa jajarannya telah melakukan survei terhadap semua kondisi jalan yang akan menjadi jalur utama maupun alternatif untuk arus mudik dan balik lebaran tahun ini.

BACA JUGA: Info Lengkap Jalur, Arus Mudik dan Arus Balik Program Mudik Gratis Kemenhub 2024

“Sejumlah pos pengamanan juga akan didirikan di beberapa lokasi seiring dengan pemberlakuan Operasi Ketupat,” tambahnya.

Update Pantauan Arus Mudik 2024

Berdasarkan pantauan terkini Cianjur Update, Sabtu (30/3/2024) pukul 14.48 Wib, sampai saat ini beberapa ruas jalur mudik di Kabupaten Cianjur mulai dipadati oleh kendaraan.

Beberapa ruas jalan di Cipanas menuju Puncak, Bogor pun mulai dilalui oleh banyak kendaraan meskipun sampai sekarang tidak tampak tanda-tanda kemacetan parah.

BACA JUGA: Pendaftaran Program Mudik Gratis 2024 Telah Dibuka, Begini Kata Kemenhub

Sama halnya dengan jalur mudik di Kecamatan Sukaluyu, jalanan cukup padat merayap dengan banyaknya kendaraan yang melalui jalur tersebut.

Meskipun tidak parah, beberapa ruas jalan di Kecamatan Ciranjang pun kini mulai padat. Meskipun, sampai sekarang tidak ada tanda-tanda kemacetan yang berarti.

Akan tetapi yang menjadi kendala saat ini adalah beberapa perbaikan jalan di sejumlah jalur mudik di Kabupaten Cianjur belum terlihat.

BACA JUGA: Ongkos Angkot Dari Stasiun Cipatat Menuju Stasiun Padalarang Naik Pada Arus Balik Mudik Lebaran 2023

Beberapa jalan berlubang di Jalan Raya Bandung dan Jalan Raya Cipanas masih tampak. Apabila dibiarkan, bisa menimbulkan bahaya bagi pengendara.

banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan