banner 325x300
Berita

Imbas Kecurangan Penjualan BBM, Pertamina Melakukan Uji Tera SPBU di Cianjur dan Sukabumi

×

Imbas Kecurangan Penjualan BBM, Pertamina Melakukan Uji Tera SPBU di Cianjur dan Sukabumi

Sebarkan artikel ini
Imbas Kecurangan Penjualan BBM, Pertamina Melakukan Uji Tera SPBU di Cianjur dan Sukabumi
Imbas Kecurangan Penjualan BBM, Pertamina Melakukan Uji Tera SPBU di Cianjur dan Sukabumi (Foto: Afsal Muhammad/cianjurupdate.com)

CIANJURUPDATE.COM – Sebagai respons terhadap kecurangan penjualan BBM di beberapa stasiun pengisian bahan bakar (SPBU), PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Barat mengambil langkah serius dengan melakukan serangkaian pengujian ketat di Sukabumi dan Cianjur.

Langkah ini melibatkan kontrol kualitas dan kuantitas melalui uji tera dan pengecekan sarana serta fasilitas dispenser SPBU di Cianjur dan Sukabumi.

banner 325x300

Kegiatan tersebut bertujuan utama untuk menjamin kualitas dan kuantitas bahan bakar minyak (BBM) yang disalurkan di seluruh SPBU.

BACA JUGA: Polisi Pantau Sejumlah SPBU di Cianjur, Tak Ada Antrean Panjang Kendaraan

Uji tera dilakukan oleh Sales Area Retail Sukabumi bersama dengan UPTD Legal Metrologi Kota Sukabumi dan Kabupaten Cianjur, serta didukung oleh Himpunan Swasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) DPC Sukabumi dan Cianjur.

Dalam rangka memastikan keakuratan alat ukur BBM, uji tera dilaksanakan secara berkala dengan melibatkan pihak terverifikasi.

Eko Kristiawan, Area Manager Communication, Relations & CSR Regional Jawa Bagian Barat PT Pertamina Patra Niaga, menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Pertamina dalam memberikan layanan terbaik kepada konsumen.

BACA JUGA: Sejumlah SPBU di Cianjur Kehabisan BBM Pertalite, Ini Penyebabnya

“Pertamina juga terus berkomitmen untuk melindungi konsumen agar mendapatkan BBM dengan takaran akurat dan kualitas terbaik,” ungkap Eko dilansir Tribunnews.com, Sabtu (30/3/2024).

Pengujian tersebut tidak hanya memeriksa keakuratan alat ukur, tetapi juga aspek fisik dan sarana pendukung lainnya di SPBU.

Zia Ardhi, Sales Area Manager Sukabumi, menambahkan bahwa kegiatan ini juga dilakukan untuk memastikan bahwa BBM yang disalurkan ke masyarakat memenuhi standar kualitas dan kuantitas yang ditetapkan.

BACA JUGA: Maling HP Terekam CCTV di Mushola SPBU Cipeuyeum Haurwangi

“Pengecekan ini juga untuk menjamin pelayanan ke konsumen khususnya menyambut Satgas RAFI dan juga antisipasi kondisi cuaca buruk,” tambah Zia.

Kontrol kualitas dan kuantitas BBM di SPBU dilakukan melalui serangkaian pemeriksaan menyeluruh, termasuk pemeriksaan takaran minyak dispenser, memastikan keberlakuan Sertifikat Metrologi, pengukuran density, pemeriksaan kadar air di tangki timbun, serta memeriksa dan memastikan kecukupan APAR yang tersedia.

Langkah-langkah sangat penting untuk mengatasi kasus kecurangan penjualan BBM di SPBU yang telah terjadi.

BACA JUGA: Toilet SPBU Berbayar, Erick Thohir: Harusnya Gratis!

Selain itu, juga untuk memastikan kepercayaan masyarakat terhadap layanan SPBU dan kualitas BBM yang mereka dapatkan.

Dengan adanya upaya ini, diharapkan tingkat kepercayaan dan kepuasan konsumen terhadap layanan SPBU dapat terjaga dengan baik.

banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan