banner 325x300
Berita

Ricuh Sidang Pleno di Cianjur ‘Digoreng’ Jadi Hoaks

×

Ricuh Sidang Pleno di Cianjur ‘Digoreng’ Jadi Hoaks

Sebarkan artikel ini
Berita sidang pleno rekapitulasi suara di Cianjur yang sempat diwarnai kericuhan 'digoreng' sejumlah oknum menjadi hoaks

CIANJURUPDATE.COM, Cianjur – Berita sidang pleno rekapitulasi suara di Cianjur yang sempat diwarnai kericuhan ‘digoreng’ sejumlah oknum menjadi hoaks di media sosial facebook. Terpantau sejumlah akun mengunggah ulang video kericuhan dengan keterangan yang diubah.

Misalnya akun facebook Rakyat Pinggiran, yang mengunggah video dengan keterangan: Lagi-lagi KECURANGAN…. PLENO KPU cianjur ricuh karna 10.000 suara PRABOWO HILANG DI TELAN TIKUS KECEBONG BxxGSxT…….

banner 325x300

Kiriman tersebut sudah dibagikan 152 kali per pukul 17.14 WIB. Selain itu masih banyak akun lainnya yang mengunggah video serupa dengan keterangan yang sama.

Baca Juga: Sidang Pleno Rekapitulasi Suara di Cianjur Ricuh

Padahal penyebab kericuhan tersebut bukan karena hilangnya 10 ribu suara pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno. Melainkan karena dipicu tata cara penyampaian pendapat dan kritik.

“Itu bukan soal persoalan perolehan suara, tapi lebih ke persoalan tata cara penyampaian pendapat dan kritik. Itu juga hanya keributan kecil,” kata Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Hilman Wahyudi, kepada wartawan Sabtu (5/5/2019).

Pada malam saat terjadinya kericuhan, Hilman menyebutkan tidak ada satupun saksi dari pasangan nomor urut 01 maupun 02 yang menyatakan keberatan. Hilman pun mengancam akan melaporkan oknum-oknum yang menyebar video sidang pleno yang digoreng menjadi hoaks tersebut.

“Itu harus dilaporkan. Soal waktunya belum kami putuskan. Saat ini karena fokus dulu ke penuntasan pleno,” tandasnya. (rez/bbs)

banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan