banner 325x300
Berita

Surat Suara Terlalu Besar, Sejumlah Lansia Kerepotan

×

Surat Suara Terlalu Besar, Sejumlah Lansia Kerepotan

Sebarkan artikel ini
Sejumlah pemilih lansia berfoto usai mencoblos di TPS 07 Desa Kedung Hilir Desa Sukamanah Kecamatan Cugenang.
Nenek Rohilah(86) salah satu pemilih lansia di TPS 07 Kampung Kedung Hilir Desa Sukamanah Kecamatan Cugenang.

CIANJURUPDATE.COM, Cianjur – Sejumlah pemilih lansia di Cianjur mengaku kerepotan mencoblos pada Pemilu Serentak 2019 ini. Salah satu penyebabnya karena surat suara yang dirasa terlalu besar, sehingga ada yang kesulitan saat melipat kembali.

Untuk diketahui, pada Pemilu ini ada lima surat suara untuk dicoblos, yaitu: Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan Anggota DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten. Ukuran surat suara pun beragam.

banner 325x300

Cianjur Update memantau pencoblosan di TPS 33 dan TPS 34 Kampung Wargaluyu, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur yang berlokasi di SDN Selahuni. Di sana terdapat sejumlah pemilih lansia, salah satunya Yayu, yang kini berusia 73 tahun. Ia antusias berpartisipasi dalam pesta demokrasi ini.

Ia mengaku kesulitan mencoblos karena banyak pilihan yang tak dikenali. Selain itu surat suara pun dirasa terlalu besar sehingga membuatnya kesulitan.

“Saya kesulitan dalam memilih, banyak pilihan yang tak dikenali. Terlebih surat suara yang terlalu besar, susah dilipat sehingga sulit untuk para orang tua dalam melakukan pencoblosan,” paparnya saat, Rabu (17/4/2019).

Sama halnya dengan Yayat, pemilih berusia 76 tahun. Ia merasa surat suara pemilu 2019 sulit dibuka dan sulit dilipat kembali seperti semula.

“Untuk pencoblosan tidak ada kendala, hanya surat suara yang terlalu besar. Lipatannya susah dibuka dan susah juga untuk dilipat kembali,” tuturnya.

Salah satu petugas KPPS setempat, Nandang Sutisna (35), menuturkan, pihaknya telah melakukan sosialisasi ke beberapa keluarga yang memiliki anggota keluarga jompo agar bisa ditemani oleh keluarganya.

“Jadi pihak KPPS sudah menyampaikan kepada pihak keluarga yang memiliki anggota keluarga jompo agar diantar ke TPS,” tuturnya. (CT1)

banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan