close
Berita

Protes Pemecatan Karyawan PT Dalim, Ratusan Buruh SPN Geruduk DPRD Cianjur

×

Protes Pemecatan Karyawan PT Dalim, Ratusan Buruh SPN Geruduk DPRD Cianjur

Sebarkan artikel ini
Protes Pemecatan Karyawan PT Dalim, Ratusan Buruh SPN Geruduk DPRD Cianjur
UNRAS: Ratusan buruh SPN Cianjur berunjuk rasa di depan Kantor DPRD Kabupaten Cianjur, Rabu (2/2/2022). (Foto: Rendi Irawan/cianjurupdate.com)

CIANJURUPDATE.COM, Cianjur – Ratusan buruh Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kabupaten Cianjur melakukan aksi protes di depan Kantor DPRD Cianjur.

Aksi terjadi akibat buntut pemecatan salah satu karyawan PT Dalim Fineta Kornesia yang dinilai sudah melanggar aturan.

Ketua SPN Kabupaten Cianjur, Hendra Malik mengatakan, aksi tersebut terpaksa mereka lakukan. Karena pihak PT Dalim tidak memiliki itikad baik dalam menyelesaikan permasalahan.

Selain itu, lanjutnya, aksi tersebut merupakan bentuk perjuangan terhadap salah satu anggota SPN Cianjur yang akan berlangsung hingga 9 Februari 2022 mendatang.

“Pada prinsipnya, bukan hanya memperjuangkan Ridwan sebagai anggota SPN. Tapi juga seluruh nasib pekerja di PT Dalim. Perusahaan sudah melakukan sistem kontrak yang tidak sesuai dan melanggar aturan,” ujarnya kepada Cianjur Update, Rabu (2/2/2022).

Hendra menuturkan, pihaknya sudah membuka ruang komunikasi sejak awal. Namun, pihak perusahaan menolak.

Selanjutnya, ia pun mencoba melakukan mediasi ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur dan dilimpahkan ke Disnakertrans Provinsi Jawa Barat.

“Dari hasil mediasi itu akhirnya keluar anjuran yang berbunyi, PT Dalim harus mempekerjakan kembali saudara Ridwan dengan status karyawan tetap. Selain itu, seluruh haknya harus segera diselesaikan,” paparnya.

Maka dari itu, lanjut Hendra, ia bersama 500 pasukan yang tergabung dalam SPN melakukan aksi ke Gedung DPRD Kabupaten Cianjur.

“Alhamdulillah, Ketua dan jajaran Komisi D DPRD Kabupaten Cianjur, menerima dengan baik. Mengenai keputusan dilaksanakan audiensi karena permasalahan perselisihan, masih menggantung belum ada titik terang,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan