Berita

Perkuat Sektor Pertanian di Cianjur, 200 Petani Ikuti Bimtek yang Digelar Hj Endang-Kemantan

CIANJURUPDATE.COM, Karangtengah – Anggota Komisi IV DPR RI, Dr. Ir. Hj. Endang Setyawati Tohari, DESS., M.Sc, menggelar bimbingan teknis (Bimtek) dan sosialisasi tentang tanaman pangan pada Sabtu, (08/04/2023) di aula BPPMPV, Karangtengah, Kabupaten Cianjur.

Acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan produktivitas komoditi akabi dengan menerapkan Elisitor Biosaka.

Sebanyak 200 peserta hadir dalam acara tersebut, terdiri dari kelompok tani Kecamatan Karang Tengah. Para peserta mendapatkan sertifikat, kaos bimtek, tas bimtek, goddiebag, masker + handsanitizer dan paket sembako.

”Ini adalah bimbingan teknis (bimtek) dari Direktorat Jendral tanaman pangan, pak Suwandi dan tim nya itu menemukan semacam vitamin untuk penambah enzim tanamam yaitu Biosaka.” kata Hj. Endang.

BACA JUGA: Hj Endang S Thohari Gelar Pengobatan Gratis dan Bagi Sembako di Cugenang Cianjur, Bantu Warga Terdampak Gempa Bumi

Biosaka itu terbuat dari beberapa tanaman yaitu, rerumputan daun tanaman berpohon yang ada di sekeliling lingkungan terdekat.

Hj. Endang menyatakan, bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati terbesar nomor dua di dunia, namun masih banyak potensi lokal di sekitarnya yang belum dimanfaatkan.

“Jadi keanekaragaman hayati potensi lokal itu bisa dikembangkan sebagai penambah bio analisis Elisitor Biosaka, supaya pupuk alami bisa dikembangkan,” ujar Hj Endang.

Seperti diketahui, Biosaka merupakan larutan ekstrak tumbuhan yang berperan sebagai elisitor yang dapat meningkatkan produktivitas tanaman pangan. (eza)

Tinggalkan Balasan

Back to top button