banner 325x300
Tips dan Tutorial

Lima Cara Berprestasi Tanpa Bimbel

×

Lima Cara Berprestasi Tanpa Bimbel

Sebarkan artikel ini
Foto: Ilustrasi/Net
Foto: Ilustrasi/Net

CIANJURUPDATE.COM – Biaya les atau bimbingan belajar (bimbel) terbilang tinggi dan menguras dompet orangtua. Kegiatan belajar tambahan ini juga tak selalu memberikan sesuatu yang maksimal. Ada masanya kamu bosan dan ingin berprestasi dengan cara yang berbeda.

Daripada membuang banyak waktu, tenaga, dan uang orangtua untuk bimbel, lebih baik gunakan cara lain untuk menghasilkan prestasi. Seperti menekuni bidang non-akademis yang ada di sekolah misalnya. Tapi bagaimana caranya? Yuk, simak tips berikut agar kamu tetap bisa berprestasi tanpa bimbel!

banner 325x300

1 Sadari Potensi dalam Diri

Kamu hanya perlu menyadari potensi terpendam dalam diri dan kembangkan menjadi kemampuan yang memukau. Misalnya kamu suka memandangi pemandangan dan mengimplementasikannya dalam gambar, atau bermain dengan diksi hingga menjadi sebuah puisi yang indah. Orang yang paling mengenalimu adalah kamu sendiri. Jadi, pastikan kamu miliki modal utama ini jika ingin berprestasi.

2 Jalin Relasi yang Luas di lingkungan Sekolah

Selain otak yang cerdaa dengan banyak ide dan kemampuan, pertemanan pun menjadi salah satu hal yang harus kamu kuasai. Menjalin pertemanan atau relasi yang luas di lingkungan sekolah bisa mendorong eksistensi yang membuatmu memiliki banyak kesempatan. Mau itu mendapat tawaran belajar bersama, menjadi orang yang penting dalam organisasi, sampai menjadi sosok yang inspiratif.

3 Perluas Wawasanmu

Wawasan merupakan harta yang berharga yang tidak akan pernah lekang oleh waktu. Berbeda dengan materi dan barang mewah, wawasan akan menjadikanmu sebagai orang intelektual berkualitas tinggi. Bermula dari sini kamu akan mendapatkan banyak pelajaran dan membuat bakat dan kecerdasanmu terus terasah. Menjadi juara kelas atau ‘pentolan’ ekskul tentu bukan hal yang tidak mungkin untuk kamu raih.

4 Ciptakan Gaya Belajar yang Asyik

Apakah kamu bosan dengan cara belajar di dalam kelas? Saatnya kamu berubah menjadi mentor bagi dirimu sendiri. Zaman sekarang, banyak fasilitas yang dapat membuat kegiatan belajar jadi mengasyikan. Bisa belajar secara visual melalui YouTube, buku panduan yang ringkas dan jelas, sampai aplikasi belajar online yang menyediakan guru privat. Manfaatkan fasilitas tersebut sengan cerdas, dan jadilah bintang di kelasmu.

5 Asah soft Skill Semaksimal Mungkin

Tujuan kita bersekolah adalah untuk menjadi orang yang berguna dengan ilmu. Tidak hanya nilai akademis, tapi kamu pun dituntut mempunyai soft skill yang sempurna. Walaupun kamu punya nilai yang pas-pasan dalam urusan pelajaran, namun soft skill yang terasah dengan baik akan menciptakan kejenius dalam dirimu. Kesuksesan itu banyak muncul dari sikap dan cara meraih kesuksesan itu sendiri, bukan hanya mengandalkan ilmu pengetahuan.

Sebagai pelajar di zaman modern ini, kamu wajib sadar bahwa pelajaran dan nilai akademik tidak mesti mendapat angka sempurna. Banyak hal lain yang bisa kita sulap menjadi prestasi di sekolah. Semoga informasi di atas bisa memotivasi dan bermanfaat untuk proses belajarmu. (CT1)

banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan