banner 325x300
Nasional

Jokowi Bebaskan 3,1 Juta Hektar Tanah untuk Petani

×

Jokowi Bebaskan 3,1 Juta Hektar Tanah untuk Petani

Sebarkan artikel ini

CIANJURToday – Empat tahun masa jabatan Jokowi menjadi Presiden RI, tanah pemerintah seluas 3,1 Juta Hektar tanah dibebaskan untuk digarap para petani. Hal ini diapresiasi lantaran menunjukan keseriusannya dalam mensukseskan program reforma agraria.

Toska Santoso, Petani Sarongge mengungkapkan, pada era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pemerintah hanya bisa membebaskan 400 ribu hektar tanah. Sedangkan Jokowi melampauinya delapan kali lipat. Maka dari itu, kata dia, Jokowi patut mendapatkan kesempatannya untuk melanjutkan masa kepemimpinannya.

banner 325x300

“Satu periode gak cukup, Jokowi belom selesai. Satu aspek yang menjadi sorotan, yakni persoalan tanah. Tanah sendiri sangat relevan dengan Cianjur yang profesi warganya mayoritas petani. Tidak ada presiden yang seserius ini dalam distribusi tanah. Jokowi memberikan akses kepada petani untuk menggunakan tanah negara agar dikelola,” ungkapnya kepada Cianjurtoday.com.

Petani, kata Toska, diberi hak kelola hingga 35 tahun. Hal ini, tentunya dianggap sangat memudahkan, dan solusi sekali bagi para petani di Indonesia tak terkecuali di Cianjur yang terkendala tidak mempunyai lahan untuk digarap.

“Akses tanah yang buat petani menentukan kehidupannya. Tanahnya ada tanah perhutani yang tidak terkelola dengan baik sangat luas, sehingga bisa dimanfaatkan para petani,” kata dia.

Menurut Toska, beberapa alasan yang dituturkannya merupakan pilihan mengapa harus Jokowi lagi. Di tangan Jokowi, pemerintah yang dibebankan untuk dapat konsen pada beragam aspek, mampu mengerjakannya secara maksimal satu persatu.

“Kesuksesan Jokowi merealisasikan program reforma agraria bukan berarti, menyingkirkan programnya pada aspek lain. Kita bisa lihat, sekarang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, hingga pertahanan pun kita bisa lihat sendiri mengalami kemajuan yang pesat,” tandasnya.(riz).

banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan