Berita

Ini Dia 10 Gunung Tertinggi di Indonesia, Berani Hiking?

CIANJURUPDATE.COM – Gunung tertinggi di Indonesia kebanyakan ada luar di Pulau Jawa. Puncak Jaya Wijaya atau Carstensz Pyramid yang terletak di Papua merupakan gunung tertinggi di Indonesia.  

Selain Puncak Jaya Wijaya, di Papua pun terdapat senumlah gunung lagi yang masuk dalam kategori gunung tertinggi di Indonesia.  Nah, gunung mana saja yang termasuk kategori 10 gunung tertinggi di Indonesia? 

Gunung Tertinggi di Indonesia 

Dilansir dari situs Gramedia.com, ini dia beberapa gunung tertinggi di Indonesia: 

1. Punjak Jaya Wijaya

Puncak Jaya Wijaya atau dikenal pula dengan sebutan Carstensz Pyramid merupakan titik tertinggi Indonesia yang terletak di Provinsi Papua. Selain itu, Puncak Jaya Wijaya masuk pegunungan Barisan Sudirman yang mempunyai tinggi 4.884 mdpl dan dikelilingi gletser dengan nama gletser Carstensz.  

Gletser itu merupakan gletser tropika satu-satunya yang dipunyai Indonesia sebab jumlah gletser yang lain mulai menipis karena pemanasan global yang kian parah. 

2. Puncak Mandala 

Gunung tertinggi kedua di Indonesia ialah Puncak Mandala. Puncak Mandala merupakan gunung tertinggi Indonesia di bawah puncak Jaya Wijaya yang berada di salah satu pegunungan Provinsi Papua dengan tinggi 4.760 mdpl.  

Puncak Mandala masih diselimuti gletser salju sebab masih terletak di deretan pegunungan Jaya Wijaya walapun sekarang volumenya telah mulai berkurang sebab faktor pemanasan global yang makin parah.  

Jalur pendakian agar bisa ke puncak ini cukup terjal juga berbahaya. Hal itu telah diakui oleh para pendaki profesional, baik pendaki lokal atau pendaki dari manca negara.

1 2 3 4Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Back to top button