close
Pendidikan

Galau Memilih Jurusan Kuliah? Simak Apa Saja yang Harus Kamu Ketahui dan Persiapkan!

×

Galau Memilih Jurusan Kuliah? Simak Apa Saja yang Harus Kamu Ketahui dan Persiapkan!

Sebarkan artikel ini
Kiat galau memilih jurusan kuliah
PASSION: Hal yang paling terpenting dalam menentukan jurusan adalah memilih atas keinginanmu sendiri atau sesuai passion. (Foto: Hasna Nabila/cianjurupdate.com)

CIANJURUPDATE.COM – Memang tidak mudah untuk memilih jurusan kuliah dan kadang bikin galau. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan saat memilihnya. Banyak sekali orang yang sudah menentukan pilihannya, namun setelah masuk malah merasa salah pilih jurusan.

Kiat Memilih Jurusan Kuliah

Nah, buat kamu yang masih galau memilih jurusan kuliah, solusinya kamu harus tahu dulu prioritas apa saja yang menentukan jurusan. Artikel ini akan menjelaskannya, simak ya!

Memilih Jurusan Kuliah dari Passion

Hal yang paling terpenting dalam menentukan jurusan adalah memilih atas keinginanmu sendiri atau sesuai passion. Karena yang mengetahui apa yang kamu minati dan kamu sukai hanyalah dirimu sendiri.

Ini bisa menjadikan kunci awal untuk tahu kemana arah minat kamu. Seperti, pelajaran favorit kamu apa? Misalnya, kamu suka sekali dengan pelajaran IPA dan suka hitungan, kamu bisa lebih mengarah ke jurusan Kedokteran, Sains, Pertanian, Biokimia, Biologi, Matematika, dan lain-lain.

Kamu lebih suka menghafal dan pelajaran sosial, bisa memilih jurusan Komunikasi, Sosiologi, Kriminologi, dan yang lainnya. Dengan mengetahui itu, kamu sudah sedikit menjawab kegalauan tentang jurusan yang kamu inginkan. Jangan sampai kamu memilih jurusan yang ternyata nggak kamu banget!

Motivasi Diri

Tanpa adanya motivasi yang jelas, kamu tidak akan nyaman menjalani dunia perkuliahan. Nantinya, malah akan berdampak ke nilai IPK kamu juga. Jadi, usahakan kamu punya motivasi diri mengapa memilih jurusan itu.
Potensi

Mengetahui potensi sendiri dapat menjadi prioritas memilih jurusan yang tepat. Kalau potensi kamu lebih mengarah ke bidang olahraga, kamu bisa memilih jurusan yang berkaitan dengan olahraga. Jika belum mengetahui potensi, kamu bisa gali potensi diri kamu sebisa mungkin ya.

Tinggalkan Balasan