banner 325x300
Berita

Calon Pensiunan Pegawai Belajar Ternak Ayam dari Babinsa

×

Calon Pensiunan Pegawai Belajar Ternak Ayam dari Babinsa

Sebarkan artikel ini

CIANJURUPDATE.COM, Cugenang – Puluhan pegawai perusahaan Krakatau Steel dari Cilegon, Banten yang akan menghadapi masa pensiun berbondong-bondong datang ke Kabupaten Cianjur. Mereka hendak belajar beternak ayam dari seorang Bintang Pembina Desa (Babinsa) di Kecamatan Cugenang.

Babinsa Koramil 0805/Cugenang Serma Yaya Rochmaya membuat bangga jajaran TNI AD di lingkungan Kodim 0608/Cianjur. Serma Yaya yang membina Desa Mangunkerta di Cugenang, mampu mendirikan kewirausahaan di bidang ternak ayam.

banner 325x300

Selain mampu menghasilkan pendapatan, Serma Yaya tidak pelit berbagi ilmu. Dia sering mengedukasi ilmu kewirausahaannya kepada para calon pegawai perusahaan swasta, lengkap dengan teori serta prakteknya di lapangan.

“Pegawai Krakatau Steel ini bulan yang pertama, sebelumnya pernah ada juga. Selain teori, kita juga mengajak puluhan calon pegawai yang akan pensiun ini praktek ke kandang ayam,” ungkapnya.

Dengan membagi-bagikan ilmunya, Serma Yaya berharap, peternakan ayam kampung yang sudah dirintisnya sejak lama bisa menginspirasi lara karyawan perusahaan yang akan menghadapi pensiun, sehingga setelah pensiunpun masih memiliki kegiatan dan bisa menghasilkan pendapatan.

“Bukan sedikit baik pegawai negeri maupun swasta saat pensiun mengalami kegagalan finansial. Hal ini disebabkan karena tidak mampunya seseorang mengelola manajemen keuangan,” jelas dia.

Kata Yaya, para pensiun, seharusnya memang dibekali oleh pembinaan kewirausahaan. Hal tersebut, supaya mereka tidak mengalami kegagalan finansial usai meninggalkan pekerjaannya.

“Melalui pelatihan dan pembinaan kewirausahaan, saya yakin para pensiun bisa mendapatkan kesejahteraan untuk menghidupi keluarganya,” pungkasnya.(riz)

banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan