banner 325x300
Berita

Bumbu Giling, Diduga Jadi Penyebab Puluhan Warga Keracunan

×

Bumbu Giling, Diduga Jadi Penyebab Puluhan Warga Keracunan

Sebarkan artikel ini

CIANJURToday – Sebanyak 35 warga Kampung Seuseupan, Desa Wangunjaya, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cianjur gara-gara keracunan, usai menyantap hidangan pada hajatan di rumah kepala desa setempat, bumbu giling, diduga jadi penyebab puluhan warga keracunan, Jumat (14/08/2018).

Solihin salah satu warga setempat, yang menjadi saksi kejadian mengatakan, saat hajatan, warga tidak langsung merasakan keanehan atau tanda-tanda keracunan. Baru pada keesokan harinya, sejumlah warga mulai merasa mual-mual.

“Hari jumat sampai malamnya, warga tidak kenapa-kenapa. Sabtu pagi, warga baru muai merasakan mual-mual,” kata dia.

Di antara semua warga, kata Solihin, merasakan pusing, mual, dan muntah. Awalnya hal ini hanya dirasakan beberapa orang. Namun menuju siang hari, jumlahnya semakin bertambah sampai puluhan orang.

“Sebelum dibawa ke RSUD, warga sempat mendapat penanganan di Puskesmas. Tapi ternyata korban tambah banyak. Ada puluhan terus dibawa ke rumah sakit,” ujarnya.

Namun begitu, tidak semua warga yang ikut mengkonsumsi makanan dalam hajat tersebut merasakan gejala keracunan. “Kemungkinan penyebab nasi kuning yang dikonsumsi menyebabkan keracunan, karena masaknya pakai bumbu giling (bumbu olahan pedagang pasar, red),” kata Solihin.(riz)

banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan