Hiburan

Apa Itu Weton Tanggal Lahir dan Kepribadian? Ini Penjelasan dan Cara Menghitungnya

×

Apa Itu Weton Tanggal Lahir dan Kepribadian? Ini Penjelasan dan Cara Menghitungnya

Sebarkan artikel ini
weton tanggal lahir dan kepribadian
Penjelasan weton tanggal lahir dan kepribadian/cianjurupdate.com

CIANJURUPDATE.COM – Apakah Anda pernah mendengar istilah weton tanggal lahir dan kepribadian? Bagi masyarakat Jawa ini merupakan hitungan  primbon yang menggabungkan hari dalam seminggu dengan hari pasaran Jawa.

Weton digunakan untuk mengetahui karakter dan kecocokan seseorang berdasarkan tanggal lahirnya. Weton tanggal lahir dan kepribadian juga bisa menjadi acuan untuk menentukan waktu yang baik untuk berbagai keperluan, seperti pernikahan, pekerjaan, atau bisnis.

Namun, apakah Anda tahu bagaimana cara menghitung weton tanggal lahir dan kepribadian dan apa artinya bagi keberuntungan Anda?

Baca Juga: Apa Weton Anda di Bulan Maret 2024? Cek lengkap Kalendernya! Uang berlimpah Menunggumu

Artikel ini akan menjelaskan secara lengkap tentang weton tanggal lahir dan kepribadian, serta cara menghitungnya.

Simak terus artikel ini hingga selesai, dan Anda akan mendapatkan informasi yang bermanfaat dan menarik tentang weton.

Cara Menghitung Weton Tanggal Lahir dan Kepribadian

Untuk menghitung weton, Anda perlu mengetahui nilai dari hari Masehi dan hari pasaran Jawa. Berikut adalah tabel nilai dari masing-masing hari:

Tabel weton tanggal lahir dan kepribadian

Hari Masehi Nilai Hari Pasaran Jawa Nilai
Minggu 5 Legi 5
Senin 4 Pahing 9
Selasa 3 Pon 7
Rabu 7 Wage 4
Kamis 8 Kliwon 8
Jumat 6
Sabtu 9

Setelah mengetahui nilai dari hari Masehi dan hari pasaran Jawa, Anda bisa menjumlahkannya untuk mendapatkan neptu weton.

Neptu weton tanggal lahir dan kepribadian adalah angka yang menunjukkan weton seseorang. Rumusnya adalah sebagai berikut:

Neptu weton = Nilai hari Masehi + Nilai hari pasaran Jawa

Contoh:

Jika Anda lahir pada hari Minggu Legi, maka neptu weton Anda adalah:

Neptu weton = 5 (Minggu) + 5 (Legi) = 10

Jika Anda lahir pada hari Selasa Kliwon, maka neptu weton Anda adalah:

Neptu weton = 3 (Selasa) + 8 (Kliwon) = 11

Baca Juga: 9 Weton Rejeki di Bulan Februari, Trik Mendadak Tajir ala Primbon Jawa

Arti Weton Tanggal Lahir dan Kepribadian

Setelah mengetahui neptu weton Anda, Anda bisa mengetahui arti weton tanggal lahir dan kepribadian Anda berdasarkan primbon Jawa. Berikut adalah penjelasan singkat tentang arti weton dan kepribadian dari angka 1 hingga 35:

  • Weton 1: Lakune Bumi. Orang yang lahir dengan weton 1 memiliki sifat yang sabar, rendah hati, dan setia. Mereka juga mudah bergaul dan disukai banyak orang. Namun, mereka cenderung kurang percaya diri dan mudah terpengaruh.
  • Weton 2: Lakune Banyu. Orang yang lahir dengan weton 2 memiliki sifat yang lembut, penyayang, dan peka. Mereka juga suka menolong dan berbakti kepada orang tua. Namun, mereka cenderung mudah tersinggung dan emosional.
  • Weton 3: Lakune Geni. Orang yang lahir dengan weton 3 memiliki sifat yang keras, tegas, dan berani. Mereka juga memiliki ambisi yang tinggi dan suka tantangan. Namun, mereka cenderung sombong, egois, dan suka mendendam.
  • Weton 4: Lakune Angin. Orang yang lahir dengan weton 4 memiliki sifat yang lincah, cerdas, dan kreatif. Mereka juga memiliki bakat seni dan humor yang baik. Namun, mereka cenderung tidak konsisten, mudah bosan, dan suka berubah-ubah.
  • Weton 5: Pendito Mbangun Teki. Orang yang lahir dengan weton 5 memiliki sifat yang bijaksana, nasihat, dan berwibawa. Mereka juga memiliki pengetahuan yang luas dan suka membaca. Namun, mereka cenderung keras kepala, tidak mau menerima saran, dan suka menasehati orang lain.
  • Weton 6: Pendito Kang Lelaku. Orang yang lahir dengan weton 6 memiliki sifat yang suka berpergian, berpetualang, dan berpindah-pindah. Mereka juga memiliki jiwa bebas dan tidak suka terikat. Namun, mereka cenderung pemalas, tidak bertanggung jawab, dan sulit berkomunikasi.
  • Weton 7: Pendito Kang Lelaku. Orang yang lahir dengan weton 7 memiliki sifat yang sama dengan weton 6, yaitu suka berpergian, berpetualang, dan berpindah-pindah. Mereka juga memiliki jiwa bebas dan tidak suka terikat. Namun, mereka cenderung pemalas, tidak bertanggung jawab, dan sulit berkomunikasi.

Baca Juga: 10 Tanda Kucing Pembawa Keberuntungan, No. 7 Bikin Kaya Raya!

Weton 8 tanggal lahir dan kepribadian

  • Weton 8: Lakune Geni. Orang yang lahir dengan weton 8 memiliki sifat yang sama dengan weton 3, yaitu keras, tegas, dan berani. Mereka juga memiliki ambisi yang tinggi dan suka tantangan. Namun, mereka cenderung sombong, egois, dan suka mendendam.
  • Weton 9: Lakune Angin. Orang yang lahir dengan weton 9 memiliki sifat yang sama dengan weton 4, yaitu lincah, cerdas, dan kreatif. Mereka juga memiliki bakat seni dan humor yang baik. Namun, mereka cenderung tidak konsisten, mudah bosan, dan suka berubah-ubah.
  • Weton 10: Pendito Mbangun Teki. Orang yang lahir dengan weton 10 memiliki sifat yang sama dengan weton 5, yaitu bijaksana, nasihat, dan berwibawa. Mereka juga memiliki pengetahuan yang luas dan suka membaca. Namun, mereka cenderung keras kepala, tidak mau menerima saran, dan suka menasehati orang lain.
  • Weton 11: Lakune Banyu. Orang yang lahir dengan weton 11 memiliki sifat yang sama dengan weton 2, yaitu lembut, penyayang, dan peka. Mereka juga suka menolong dan berbakti kepada orang tua. Namun, mereka cenderung mudah tersinggung dan emosional.
  • Weton 12: Lakune Bumi. Orang yang lahir dengan weton 12 memiliki sifat yang sama dengan weton 1, yaitu sabar, rendah hati, dan setia. Mereka juga mudah bergaul dan disukai banyak orang. Namun, mereka cenderung kurang percaya diri dan mudah terpengaruh.
  • Weton 13: Pendito Kang Lelaku. Orang yang lahir dengan weton 13 memiliki sifat yang sama dengan weton 6 dan 7, yaitu suka berpergian, berpetualang, dan berpindah-pindah. Mereka juga memiliki jiwa bebas dan tidak suka terikat. Namun, mereka cenderung pemalas, tidak bertanggung jawab, dan sulit berkomunikasi.
  • Weton 14: Lakune Geni. Orang yang lahir dengan weton 14 memiliki sifat yang sama dengan weton 3 dan 8, yaitu keras, tegas, dan berani. Mereka juga memiliki ambisi yang tinggi dan suka tantangan. Namun, mereka cenderung sombong, egois, dan suka mendendam.
  • Weton 15: Lakune Angin. Orang yang lahir dengan weton 15 memiliki sifat yang sama dengan weton 4 dan 9, yaitu lincah, cerdas, dan kreatif. Mereka juga memiliki bakat seni dan humor yang baik. Namun, mereka cenderung tidak konsisten, mudah bosan, dan suka berubah-ubah.
  • Weton 16: Pendito Mbangun Teki. Orang yang lahir dengan weton
  • Weton 16: Pendito Mbangun Teki. Orang yang lahir dengan weton 16 memiliki sifat yang sama dengan weton 5 dan 10, yaitu bijaksana, nasihat, dan berwibawa. Mereka juga memiliki pengetahuan yang luas dan suka membaca. Namun, mereka cenderung keras kepala, tidak mau menerima saran, dan suka menasehati orang lain.
  • Weton 17: Lakune Banyu. Orang yang lahir dengan weton 17 memiliki sifat yang sama dengan weton 2 dan 11, yaitu lembut, penyayang, dan peka. Mereka juga suka menolong dan berbakti kepada orang tua. Namun, mereka cenderung mudah tersinggung dan emosional.
  • Weton 18: Lakune Bumi. Orang yang lahir dengan weton 18 memiliki sifat yang sama dengan weton 1 dan 12, yaitu sabar, rendah hati, dan setia. Mereka juga mudah bergaul dan disukai banyak orang. Namun, mereka cenderung kurang percaya diri dan mudah terpengaruh.
  • Weton 19: Pendito Kang Lelaku. Orang yang lahir dengan weton 19 memiliki sifat yang sama dengan weton 6, 7, dan 13, yaitu suka berpergian, berpetualang, dan berpindah-pindah. Mereka juga memiliki jiwa bebas dan tidak suka terikat. Namun, mereka cenderung pemalas, tidak bertanggung jawab, dan sulit berkomunikasi.
  • Weton 20: Lakune Geni. Orang yang lahir dengan weton 20 memiliki sifat yang sama dengan weton 3, 8, dan 14, yaitu keras, tegas, dan berani. Mereka juga memiliki ambisi yang tinggi dan suka tantangan. Namun, mereka cenderung sombong, egois, dan suka mendendam.
  • Weton 21: Lakune Angin. Orang yang lahir dengan weton 21 memiliki sifat yang sama dengan weton 4, 9, dan 15, yaitu lincah, cerdas, dan kreatif. Mereka juga memiliki bakat seni dan humor yang baik. Namun, mereka cenderung tidak konsisten, mudah bosan, dan suka berubah-ubah.
  • Weton 22: Pendito Mbangun Teki. Orang yang lahir dengan weton 22 memiliki sifat yang sama dengan weton 5, 10, dan 16, yaitu bijaksana, nasihat, dan berwibawa. Mereka juga memiliki pengetahuan yang luas dan suka membaca. Namun, mereka cenderung keras kepala, tidak mau menerima saran, dan suka menasehati orang lain.
  • Weton 23: Lakune Banyu. Orang yang lahir dengan weton 23 memiliki sifat yang sama dengan weton 2, 11, dan 17, yaitu lembut, penyayang, dan peka. Mereka juga suka menolong dan berbakti kepada orang tua. Namun, mereka cenderung mudah tersinggung dan emosional.
  • Weton 24: Lakune Bumi. Orang yang lahir dengan weton 24 memiliki sifat yang sama dengan weton 1, 12, dan 18, yaitu sabar, rendah hati, dan setia. Mereka juga mudah bergaul dan disukai banyak orang. Namun, mereka cenderung kurang percaya diri dan mudah terpengaruh.
  • Weton 25: Pendito Kang Lelaku. Orang yang lahir dengan weton 25 memiliki sifat yang sama dengan weton 6, 7, 13, dan 19, yaitu suka berpergian, berpetualang, dan berpindah-pindah. Mereka juga memiliki jiwa bebas dan tidak suka terikat. Namun, mereka cenderung pemalas, tidak bertanggung jawab, dan sulit berkomunikasi.
  • Weton 26: Lakune Geni. Orang yang lahir dengan weton 26 memiliki sifat yang sama dengan weton 3, 8, 14, dan 20, yaitu keras, tegas, dan berani. Mereka juga memiliki ambisi yang tinggi dan suka tantangan. Namun, mereka cenderung sombong, egois, dan suka mendendam.
  • Weton 27: Lakune Angin. Orang yang lahir dengan weton 27 memiliki sifat yang sama dengan weton 4, 9, 15, dan 21, yaitu lincah, cerdas, dan kreatif. Mereka juga memiliki bakat seni dan humor yang baik. Namun, mereka cenderung tidak konsisten, mudah bosan, dan suka berubah-ubah.
  • Weton 28: Pendito Mbangun Teki. Orang yang lahir dengan weton 28 memiliki sifat yang sama dengan weton 5, 10, 16, dan 22, yaitu bijaksana, nasihat, dan berwibawa. Mereka juga memiliki pengetahuan yang luas dan suka membaca. Namun, mereka cenderung keras kepala, tidak mau menerima saran, dan suka menasehati orang lain.
  • Weton 29: Lakune Banyu. Orang yang lahir dengan weton 29 memiliki sifat yang sama dengan weton 2, 11, 17, dan 23, yaitu lembut, penyayang, dan peka. Mereka juga suka menolong dan berbakti kepada orang tua. Namun, mereka cenderung mudah tersinggung dan emosional.
  • Weton 30: Lakune Bumi. Orang yang lahir dengan weton 30 memiliki sifat yang sama dengan weton 1, 12, 18, dan 24, yaitu sabar, rendah hati, dan setia. Mereka juga mudah bergaul dan disukai banyak orang. Namun, mereka cenderung kurang percaya diri dan mudah terpengaruh.
  • Weton 31: Pendito Kang Lelaku. Orang yang lahir dengan weton 31 memiliki sifat yang sama dengan weton 6, 7, 13, 19, dan 25, yaitu suka berpergian, berpetualang, dan berpindah-pindah. Mereka juga memiliki jiwa bebas dan tidak suka terikat. Namun, mereka cenderung pemalas, tidak bertanggung jawab, dan sulit berkomunikasi.
  • Weton 32: Lakune Geni. Orang yang lahir dengan weton 32 memiliki sifat yang sama dengan weton 3, 8, 14, 20, dan 26, yaitu keras, tegas, dan berani. Mereka juga memiliki ambisi yang tinggi dan suka tantangan. Namun, mereka cenderung sombong, egois, dan suka mendendam.
  • Weton 33: Lakune Angin. Orang yang lahir dengan weton 33 memiliki sifat yang sama dengan weton 4, 9, 15, 21, dan 27, yaitu lincah, cerdas, dan kreatif. Mereka juga memiliki bakat seni dan humor yang baik. Namun, mereka cenderung tidak konsisten, mudah bosan, dan suka berubah-ubah.
  • Weton 34: Pendito Mbangun Teki. Orang yang lahir dengan weton 34 memiliki sifat yang sama dengan weton 5, 10, 16, 22, dan 28, yaitu bijaksana, nasihat, dan berwibawa. Mereka juga memiliki pengetahuan yang luas dan suka membaca. Namun, mereka cenderung keras kepala, tidak mau menerima saran, dan suka menasehati orang lain.
  • Weton 35: Lakune Banyu. Orang yang lahir dengan weton 35 memiliki sifat yang sama dengan weton 2, 11, 17, 23, dan 29, yaitu lembut, penyayang, dan peka. Mereka juga suka menolong dan berbakti kepada orang tua. Namun, mereka cenderung mudah tersinggung dan emosional.

Kesimpulan

Weton adalah perhitungan primbon Jawa yang menggabungkan hari dalam seminggu dengan hari pasaran Jawa.

Weton tanggal lahir dan kepribadian digunakan untuk mengetahui karakter dan kecocokan seseorang berdasarkan tanggal lahirnya.

Weton juga bisa menjadi acuan untuk menentukan waktu yang baik untuk berbagai keperluan, seperti pernikahan, pekerjaan, atau bisnis.

Cara menghitung weton adalah dengan menjumlahkan nilai dari hari Masehi dan hari pasaran Jawa. Setiap weton memiliki arti dan kepribadian yang berbeda-beda, yang bisa Anda ketahui dari penjelasan di atas.

Demikian artikel tentang weton tanggal lahir dan kepribadian. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang primbon Jawa.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang weton, Anda bisa mencari sumber-sumber lain yang lebih lengkap dan akurat.

Jangan lupa untuk berlangganan, mengomentari, atau membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda. Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan