Berita

Waspada! Lonjakan Kasus Sifilis di Cianjur: Jangan Gonta-Ganti Pasangan!

CIANJURUPDATE.COM – Kasus penyakit raja singa atau sifilis yang terjadi di Cianjur telah mencapai belasan orang. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur menghimbau kepada masyarakat agar menjalani gaya hidup sehat dan menghindari pergantian pasangan secara sering.

Data terbaru menunjukkan bahwa selama periode Januari hingga April 2023, terdapat 18 kasus penyakit sifilis di Cianjur. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual, baik vaginal, anal, maupun oral tanpa penggunaan alat pengaman.

Baca Juga: Dinkes Cianjur Imbau Calon Jemaah Haji Waspada Virus MERS-CoV, Belum Ada Vaksin Spesifik!

Kepala Bidang Penanganan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Cianjur, dr. Frida Layla Yahya, mengungkapkan bahwa pihaknya telah menangani 18 kasus penyakit sifilis tersebut dengan serius. Upaya penanganan tersebut bertujuan untuk menyembuhkan penderita penyakit sifilis dan mencegah penularan lebih lanjut.

dr. Frida menyatakan, “Kami memastikan bahwa masyarakat Cianjur yang terjangkit penyakit sifilis sudah sembuh dan mendapatkan pengobatan yang tepat agar penularan bisa diantisipasi.” Ia juga menegaskan bahwa stok obat sifilis di Kabupaten Cianjur masih mencukupi.

Namun, dr. Frida menekankan bahwa masyarakat tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat sifilis seperti Penisilin, Doxycycline, Tetracycline, dan Ceftriaxone. Obat-obatan tersebut harus diresepkan oleh dokter agar penggunaannya tepat dan sesuai dengan dosis yang diberikan.

Baca Juga: Para Pelaku Usaha di Alun-Alun Cianjur Merugi Akibat Penutupan Sementara

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Back to top button