banner 325x300
Berita

Tes Psikotes, Cegah Siswa Salah Pilih Jurusan

×

Tes Psikotes, Cegah Siswa Salah Pilih Jurusan

Sebarkan artikel ini

CIANJURTODAY, Cipanas – Tes Psikotes menjadi bagian dari program Penerimaan Peserta Didik Baru yang digelar SMK Negeri 1 Cipanas.

Hal ini Sebagai wujud kepedulian pihak sekolah kepada calon peserta didiknya.

banner 325x300

Banyaknya kasus siswa yang merasa salah memilih jurusan dapat disebabkan berbagai faktor, diantaranya saat memilih, calon peserta didik hanya mengandalkan kegemaran tetapi tidak melihat dari sisi potensi dan kemampuan. Hal ini dicegah SMKN 1 Cipanas dengan mengadakan tes psikotes tersebut.

Wakasek Kesiswaan SMKN 1 Cipanas, Iwan Edi Irawan mengatakan hal ini untuk menunjang keberhasilan peserta didik untuk memilih jurusan yang tepat.

“Tujuannya adalah merekomendasikan anak cocok kemana. Misalnya, anak memilih (jurusan) perhotelan. tapi dari hasil psikotes ternyata cocoknya ke jurusan lain. jadi kita arahkan ke sana,” ujarnya saat ditemui cianjurtoday, Senin (10/6) lalu.

Tes psikotes mulai dilaksanakan pada Senin, (10/6) hingga pendaftaran selesai pada Senin (17/6) Depan.

pada tes pertama tercatat diikuti oleh 713 pendaftar. jumlah ini masih bertambah mengingat akan adanya tes susulan yang digelar.

“Mungkin masih akan ada susulan, karena kan pendaftaran sampai tanggal 17 (Juni) nanti,” jelasnya.

Dari seluruh total pendaftar, akan diseleksi dan dibentuk 15 rombel.

“jadi sekitar 540 orang, berarti dari 713 itu saja akan ada yang tereliminasi,” tambahnya.

Iwan menghimbau dengan adanya kegiatan ini para peserta didik SMKN 1 cipanas mampu menjadi tenaga terampil yang dapat diserap oleh pangsa pasar kerja.

“Kegiatan tes psikotes ini sangat dianjurkan untuk diikuti, selain memberikan kemudahan bagi para siswa kegiatan ini juga dapat membantu siswa mengetahui potensi diri dan belajar lebih tentang kemampuan mereka sebelum benar-benar belajar di bangku sekolah,” pungkasnya. (ct2)

Penulis : Elga Nurani

Editor : Ario Rosmana

banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan