Cianjur Update

Spirited Away, Anime Lawas Penuh dengan Teori dan Makna 

Spirited Away, Anime Lawas Penuh dengan Teori dan Makna
: Imdb

– Spirited Away (千と千尋の神隠し Sen to Chihiro no Kamikakushi) merupakan fantasi animasi tahun 2001 yang ditulis dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki. Lalu dianimasikan oleh Studio Ghibli.Dirilis pada 20 Juli 2001 silam oleh distributor Toho di Jepang.

Film ini mendapatkan penghasilan sebanyak US$395,8 juta di box office seluruh dunia. Spirited Away disebut sebagai salah satu film terbaik abad ke-21 serta menjadi salah satu film animasi terbesar yang pernah dibuat.

Oleh sebab itu, film ini menjadi film paling sukses serta berpenghasilan tertinggi dalam Jepang dengan total ¥31,68 miliar ($305 juta). Hal tersebut memegang rekor selama 19 tahun hingga akhirnya dilampaui oleh Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba the Movie: Mugen Train pada tahun 2020.

Baca Juga:Sinopsis Film Runner Runner yang Menegangkan

Spirited Away memenangkan penghargaan Oscar pada tahun 2002. Masuk kedalam kategori Film Animasi Terbaik. Spirited Away menjadi pertama yang dapat meraih penghargaan dalam kategori tersebut. Film ini juga memenangi Penghargaan lainnya yaitu pada Pesta Film Internasional Berlin 2002 (bersama Bloody Sunday).

Spirited Away menceritakan tentang Chihiro Ogino (Hiiragi), sosok anak perempuan yang berumur 10 tahun pindah ke lingkungan baru, tidak sengaja memasuki dunia ‘Kami' (cerita rakyat roh Shinto Jepang). Orang tuanya diubah menjadi babi oleh penyihir yang bernama Yubaba (Natsuki).

Bukan tanpa alasan jika kedua orang tuanya diubah menjadi babi, sebab orang tuanya makan tanpa permisi. Dari hal tersebut, secara tidak sengaja mereka masuk ke alam gaib melalui gerbang.

Dalam film Spirited Away, banyaknya gedung serta bangunan yang mengambil referensi dari arsitektural tradisional Jepang.  Khususnya yang berkaitam dengan Shintoisme, seperti kuil,torii, dan kastil.

Baca Juga: Rekomendasi Film Action Terbaik Sepanjang Masa, Seru dan Menegangkan!

Contohnya adalah desain Pemandian Bathhouse yang memiliki beberapa kemiripan dengan kuil-kuil Jepang dari segi dan bentuk. Lalu munculnya berbagai kode dan tanda pada bangunan-bangunan serta karakter dalam film ini merepresentasikan shintoisme. Dilihat dari bentuk gerbang, warna merah yang identik dengan bangunan kuil, patung-patung Dewa dan hokora (minatur kuil shinto), dan karakter-karakter representasi Dewa dan Roh yang ada dalam film.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button