Berita

Menepis Kerentanan Ekonomi, Seniman Muda Cianjur Manfaatkan Ruang Digital

KLIK CIANJUR, Cianjur – Kabupaten Cianjur masih berpotensi melahirkan seniman muda bertalenta. Akan tetapi, sebagian memilih merantau karena kurangnya apresiasi, sebagian lainnya berjuang di Kota Santri dengan kerentanan ekonomi.

Fauzi Arif Suhada (21), pemuda asal Kampung Wargaluyu, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur ini memilih berkarir sebagai Illustrator dan desainer grafis di DKI Jakarta.

Pemuda yang sempat lulus dari MAN 1 Cianjur pada 2019 ini langsung menempuh pendidikan singkat di bidang desain grafis di Depok. Setelah itu, ia pun menjadi seorang desainer grafis bagi Lembaga Amil Zakat Al-Azhar Jakarta.

Berawal dari hobinya menggambar sejak kecil, Fauzi mulai merambah ke dunia Illustrator digital sejak dua tahun lalu di Jakarta. Baginya, Ibu Kota menjadi ladang potensial untuk para seniman.

Fauzi mengungkapkan alasannya memilih memulai karir di Jakarta ketimbang Cianjur. Ia menilai, Jakarta punya peluang kerja lebih banyak.

“Karena seperti kebanyakan pandangan perantau yang sama-sama dari cianjur dan sekitarnya bahwa bekerja diluar kota mendapat pilihan dan peluang kerja lebih banyak, selebihnya gaji yang lebih besar,” kata dia kepada Cianjur Update, Rabu (8/6/2022).

Selain bekerja formal sebagai desainer grafis, Fauzi pun berkuliah di Universitas Ahmad Dahlan Jakarta Jurusan Desain Komunikasi Visual.

“Kerja sampingan sebagai freelancer desain grafis juga. Saat ini sedang merintis komik strip yang update setiap akhir pekan di instagram @rifkomik dan selebihnya membuat ilustrasi naratif di akun pribadi saya,” ucap dia.

1 2 3 4 5Laman berikutnya
Back to top button