Berita

Mandi Besar Setelah Subuh Saat Puasa Ramadhan: Bolehkah?

Mandi Besar Setelah Subuh Saat Puasa Ramadhan: Bolehkah? Temukan Jawabannya disini
Mandi Besar Setelah Subuh Saat Puasa Ramadhan: BBolehkah? Temukan Jawabannya disini!

Ketika menjalani ibadah puasa Ramadhan, seseorang dianjurkan untuk menjaga kebersihan dirinya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mandi besar atau mandi junub. Namun, ada perdebatan mengenai apakah mandi besar setelah subuh saat berpuasa boleh dilakukan atau tidak.

Mandi Besar Setelah Subuh Saat Puasa Ramadhan: Diizinkan atau Dilarang?

Terkait materi hukum Islam, mandi besar setelah subuh dianggap boleh dilakukan selama puasa, dengan catatan seseorang harus berusah untuk tidak menelan air pada proses mandi besar tersebut.

Dalam surat al-Baqarah ayat 187 dinyatakan: “Makan dan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar (subuh), kemudian sempurnakanlah puasa itu”, hadis juga memperbolehkan mandi besar setelah subuh saat berpuasa.

Pendapat Ahli dan Perbedaan Pendapat Mengenai Mandi Besar Setelah Subuh Saat Berpuasa Ramadhan

Meskipun pada dasarnya mandi besar boleh dilakukan setelah subuh saat berpuasa, beberapa ulama memandang bahwa ada beberapa ketentuan khusus yang harus diikuti dalam melakukan mandi besar.

Ada yang berpendapat bahwa mandi besar harus dilakukan sebelum waktu fajar atau waktu shubuh tiba. Di sisi lain, ada juga pendapat yang mengatakan bahwa mandi besar setelah waktu fajar masih dianggap sah selama seseorang tidak menelan air pada proses mandi besar tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa walaupun pada dasarnya memperbolehkan mandi besar setelah subuh saat berpuasa, namun seseorang dianjurkan untuk melakukan mandi besar sebelum waktu fajar untuk menghindari ibadah tidak sah atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Adapun perbedaan pendapat mengenai mandi besar setelah subuh saat berpuasa dapat dikaji dan dipertimbangkan sesuai kemampuan masing-masing.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Back to top button