Berita

Jalan Sudah Bagus, Apa Kabar Transportasi Publik di Cianjur?

KLIK CIANJUR, Cianjur – Selama beberapa tahun terakhir, jalan raya di Kabupaten Cianjur tampak memiliki peningkatan kualitas. Salah satunya ada di wilayah Cianjur selatan yang jalan utamanya kini sudah diperbaiki. Namun, bagaimana dengan akses layanan transportasi publiknya?

Pengamat Transportasi Publik, Azas Tigor Nainggolan berpendapat, minimnya perkembangan layanan transportasi publik di Cianjur disebabkan kepala daerahnya yang tidak perhatian terhadap hal tersebut. Padahal, ada banyak cara untuk membangunnya.

“Membangun transportasi publik memang mahal, tapi bisa melibatkan swasta. Karena pasti banyak swasta yang mau, mungkin kepala daerahnya kurang memiliki perhatian terhadap transportasi publik,” kata dia dihubungi Cianjur Update, Jumat (18/11/2022).

Tigor menilai, Kabupaten Cianjur memiliki banyak potensi yang bisa berkembang jika layanan transportasi publik berjalan dengan baik. Mulai dari wisata sampai bisnis.

“Wisatanya ada pantai, curugnya juga ada. Harusnya nggak perlu takut ini berguna atau nggak karena pasti banyak penggunanya,” ungkap dia.

Banyaknya kendaraan pribadi di Cianjur, kata dia, hanya akan membuat jalanan macet. Padahal, lanjut Tigor, jalanan yang bagus dengan akses transportasi dapat mempermudah masyarakat. 

“Dalam Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 Tahun 2009 itu ada kewajiban bagi pemerintah daerah untuk menyediakan layanan transportasi publik di daerahnya,” ucap dia.

Sehingga, Tigor menilai, transportasi publik yang layak, aman, dan nyaman sudah pantas dibangun dan mendapat perhatian khusus di Kabupaten Cianjur. Menurutnya, dengan transportasi publik yang memadai, banyak manfaat yang akan dirasakan masyarakat.

1 2 3 4Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Back to top button