Berita

Gapura Karya Warga Desa Nagrak Raih Juara 2 Tingkat Kabupaten Cianjur

KLIK CIANJUR, Cianjur – Desa Nagrak memperoleh juara 2 dalam Lomba Hias Gapura tingkat Kabupaten Cianjur mewakili Kecamatan Cianjur dalam rangkaian kegiatan Hari Jadi Cianjur ke 345. Perlombaan ini diikuti oleh 32 kecamatan yang ada di Kota Santri.

Gapura berukuran 3 x 7 meter tersebut didirikan di Jalan Raden Wirasukardi, Kampung Nagrak, RW 10, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur. Selain dalam memperingati Hari Jadi Cianjur ke 345, gapura itu pun didirikan dalam menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77.

Kepala Desa Nagrak Cianjur, Hendi Saepul Maladi mengatakan, pihaknya menerapkan tema sapu lidi. Ia menjelaskan, sapu lidi punya filosofi kebersamaan akan membawa kekuatan dan dampak yang baik.

“Untuk pembuatan dilakukan langsung oleh warga masyarakat Desa Nagrak, alhamdulillah banyak yang memiliki potensi dalam dunia kesenian,” kata dia dihubungi Cianjur Update, Rabu (23/7/2022).

Hendi mengatakan, filosofi atau makna dari sapu lidi ini diambil dari pidato Presiden Soekarno dalam peringatan Hari Kebangkitan nasional tahun 1963. Dalam pidato itu, Soekarno menyebut, ratusan lidi akan tercerai berai, tidak berguna, dan mudah patah, jika tidak diikat.

“Namun, jika lidi-lidi tersebut disatukan dan diikat, maka tak akan ada yang mampu mematahkannya,” ucap Hendi.

Bahan yang digunakan gapura adalah bambu, kayu, tali ijuk, cat lukis, serta gambar dan tulisan yang seluruhnya dibuat dengan tangan tanpa cetakan. Hendi menyebut, bahan yang digunakan sudah sesuai ketentuan.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Back to top button