Cianjur Update

Dokumen Pribadi Hilang dan Rusak Akibat Bencana, Disdukcapil Cianjur Akan Respon Cepat

, Cianjur – Musibah yang menerjang , tidak hanya mengakibatkan kerusakan dan kehilangan harta benda seperti bangunan dan lainnya. Akan tetapi surat penting seperti Kartu Keluarga () hingga dokumen pribadi hilang atau rusak.

Namun masyarakat tidak perlu khawatir dengan hal tersebut. Pasalnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) secara responsif akan turun tangan untuk memproses dokumen kependudukan yang hilang atau rusak akibat maupun non alam.

Tak hanya itu, pun tidak harus melampirkan persyaratan khusus untuk mengajukan pembuatan kembali dokumen yang rusak pasca bencana.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Cianjur, Munajat mengatakan, jika terjadi kebencanaan hingga membuat dokumen masyarakat hilang, pihaknya sudah siap dan proaktif untuk melakukan pendataan ulang.

BACA JUGA: Gerhana Bulan Total, MUI Minta Masyarakat Cianjur Shalat Khusuf

“Kita akan responsif kang, bukan hanya bencana atau longsor saja. Tapi kebakaran juga sama. Kita ganti, tentu kita proaktif,” ungkap dia, Jumat (11/11/).

Menurutnya, masyarakat yang terdampak bencana, bisa mendatangi kecamatan di sekitar tempat tinggalnya. Sebab, petugas bagian pencatatan di setiap kecamatan sudah tersedia dan nantinya dilakukan proses pendataan untuk pencetakan dokumen.

Pihaknya menegaskan, prosesnya pun akan diusahakan secepatnya, terlebih untuk KK atau akta kelahiran yang hilang atau rusak. Tapi, untuk Kartu Tanda Penduduk () hanya bisa dicetak di Kantor Disdukcapil Kabupaten Cianjur.

“Masyarakat cukup datang ke kecamatan. Tidak ada persyaratan seperti surat kehilangan. Langsung dibantu dan proses diusahakan secepatnya, terlebih seperti Kartu Keluarga atau akta kelahiran,” paparnya.

Pihaknya menambahkan, proses tersebut hanya cukup berlangsung kurang lebih tiga hari, “bahkan kami kan memaksimalkan di tengah kondisi darurat,” tutup dia.(ren/afs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button