Berita

Dinas Lingkungan Hidup Uji Emisi Gas Buang Kenalpot Ada Apa?

CIANJURUPDATE.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menggelar uji emisi gas buang pada kendaraan dinas di halaman parkir Pendopo, Kabupaten Cianjur.

Uji emisi gratis untuk kendaraan bermotor ini digelar Dinas Linkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur bekerjasama dengan DLH Provinsi Jabar. Pantauan iNewsCianjur.id di lokasi, Kamis (14/9/2023), seluruh kendaraan mengantre di halaman parkir Pendopo sebelum dilakukan uji emisi.

Tampak berbagai kendaraan dari berbagai dinas dan intansi mengantre ada kendaraan ambulance, truk hingga bus mengantre, termasuk mobil dinas milik Bupati Cianjur Herman Suherman.Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya udara yang bersih serta mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam memperbaiki kualitas udara yang ada.

“Dengan adanya kegiatan ini dapat meminimalisir persoalan polusi yang ada diwilayah Kabupaten Cianjur. Alhamdulillah hasil pengecekan mobil dinas saya dan juga beberapa mobil dinas lain masih jauh dari nilai ambang batas dan masih aman, termasuk mobil saya juga,” katanya.

Herman juga meminta kendaraan yang tidak lolos agar dikarantina untuk sementara waktu dan secepatnya diperbaiki. Selain itu kendaraan yang tidak lolos uji emisi agar diketahui penyebabnya.Herman menambahkan, Pemkab Cianjur akan memasang alat pendeteksi kualitas udar di tiga titik yaitu di dekat perbatasan Cianjur-Sukabumi, Bandung Barat dan Bogor.

“Dengan memasang alat pendeteksi udara tersebut akan dikatahui kualitas udara di Kabupaten Cianjur. Sehingga bila udara kurang bagus akan menjadi bahan evaluasi dan kita langsung perbaiki,” pungkas Herman.

Tinggalkan Balasan

Back to top button