close
Berita

Cuaca Semakin Dingin, BMKG: Puncak Kemarau Diprediksi Agustus-September

×

Cuaca Semakin Dingin, BMKG: Puncak Kemarau Diprediksi Agustus-September

Sebarkan artikel ini
Prakiraan Cuaca, Senin 29 Maret 2021: Hari Ini Cianjur Akan Diguyur Hujan Ringan
Ilustrasi

CIANJURUPDATE.COM, Cianjur – Kondisi cuaca belakangan ini khususnya di Jawa Barat cukup terasa dingin. Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mencatat, cuaca berkisar 17,6 derajat celcius.

Kondisi tersebut masih terbilang normal dikarenakan adanya angin dominan yakni angin tenggara (monsun australia) yang membawa udara dingin dan kering.

BMKG mencatat wilayah Indonesia yang telah memasuki musim kemarau adalah 63,16 persen dari 342 zona musim. Untuk wilayah Jawa Barat, wilayah Utara sudah memasuki musim kemarau.

Kepala Stasiun BMKG Bandung, Teguh Rahayu menjelaskan, puncak musim kemarau 2021 di Jawa Barat diprediksi terjadi pada Agustus-September 2021. Wilayah Bandung Raya sudah memasuki musim kemarau pada awal Juli dasarian I 2021.

“Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terkini BMKG, pada level pengaruh skala global
terhadap Jawa Barat, indeks ENSO menunjukkan kondisi netral (indeks ENSO -0,14), dan sebagian besar institusi memprediksi kondisi netral setidaknya akan berlangsung hingga September 2021 dan menjadi La Nina Lemah pada Oktober hingga Desember 2021,” kata dia, Kamis (8/7/2021).

Selain Cuaca Dingin, Ini Info Ketinggian Gelombang

Selain itu, Indeks Dipole Mode menunjukkan kondisi IOD Negatif (-0,46), dan diprediksi akan kembali netral hingga Desember 2021. Sedangkan anomali SST menunjukkan kondisi netral dengan anomali antara -0,25 oC hingga 2,0 oC. Tidak ada anomali di wilayah Laut Jawa.

Pada level pengaruh regional, lanjut dia, MJO terpantau aktif dengan intensitas lemah pada fase satu dan akan memasuki fase dua hingga empat pada awal Dasarian II Juli 2021.

Tinggalkan Balasan