Berita

Cara Memasak Tongseng Sapi yang Mudah dan Enak

Cara memasak tongseng sapi salah satu langkah mudah menikmati makanan berbahan daging sapi. Menu tongseng rasanya khas dan berbeda, karena hidangan asal Boyolali ini memiliki keunikan bahannya. terutama  kecap.

Daging tidak  alot dan empuk meresap dalam setiap gigitan berpadu dengan bumbu dan kuah membuat siapapun yang melihatnya tergoda untuk mencicipinya.

Mengenal Tongseng Sapi

Sebelum mengetahui cara membuat tongseng sapi ada baiknya mengenal terlebih dahulu apa itu tongseng. Tongseng merupan makanan khas Jawa Tengah.

Biasanya berisi  irisan daging sapi kemudian irisan kol, cabai rawit, tomat merah  dan kuah santan yang memiliki rasa manis,gurih dan pedas menyatu dalam satu mangkuk.

Penamaan tongseng berasal dari kata oseng-oseng atau tumis dan daerah pertama  di Indonesia pembuat tongseng, yakni Klego, Boyolali. 

Di kota itu ada kebiasaan menarik saat berjualan tongseng dengan cara menggunakan gerobak sate untuk menjajakannya  kemudian juga pikulan tongseng

Cara Membuat Tongseng Sapi

Cara memasak tongseng sapi yang enak dan tepat perlu dicoba dengan mempersiapkan bahan-bahannya agar saat akan membuatnya mudah dan cepat dan berikut penjelasannya lebih lengkap.

Siapkan Bahan-bahannya antara lain daging sapi 250 gram rebus sampai empuk. Selanjutnya kol putih 30 gram potong dadu, tomat berjumlah 2 buah potong kasar.

Berikutnya cabai rawit, bawang merah 6 buah, bawang putih 4 buah, jahe  2 centimeter, kemiri 4 buah dan 1 sendok makan ketumbar serta 3 centimeter kunyit.

Kemudian batang serai 2 buah, lengkuas 1 centimeter. Tidak lupa daun salam 1 lembar, 3 sendok makan kecap bango, batang daun bawang iris tipis-tipis,  makan garam dan gula pasir secukupnya dan haluskan semua bahan dengan blender.

1 2Laman berikutnya
Back to top button