Gaya Hidup

Cara Ampuh Bersihin Wajan Gosong, Cuma Pakai Bahan Rumahan!

×

Cara Ampuh Bersihin Wajan Gosong, Cuma Pakai Bahan Rumahan!

Sebarkan artikel ini
Cara Ampuh Bersihin Wajan Gosong, Cuma Pakai Bahan Rumahan!

Hai, sobat Klik. Gimana kabarnya? Semoga sehat-sehat aja ya. Kali ini, saya mau ngasih tau cara bersihin wajan atau panci yang gosong dan berkerak.

Pasti sering kan ngalamin hal kayak gini? Misalnya, lagi masak, eh lupa matiin kompor. Atau, lagi ngobrol sama tetangga, eh wajan udah gosong. Atau, lagi sibuk ngurus anak, eh panci udah berkerak.

Gimana rasanya? Pasti sebel banget. Apalagi kalo wajan atau panci itu kesayangan, atau baru beli.

Baca Juga: Ternyata Ini 7 Tanda Bahwa Anda Memiliki Khodam Pendamping, Bisa Bikin Beruntung

Belum lagi, harus capek-capek bersihinnya, pake sabun, sikat, dan air yang banyak. Belum lagi, harus waspada sama kuman atau logam berat yang bisa nempel di alat masak.

Nah, kalo kamu ngalamin hal ini, jangan panik dan jangan nyerah. Karena, ada cara yang gampang dan murah buat ngatasin masalah ini.

Kamu gak perlu beli pembersih yang mahal atau beracun. Kamu cuma perlu pake bahan-bahan alami yang ada di rumah, kayak cuka, baking soda, garam, lemon, atau soda kue.

Penasaran caranya? Yuk, simak terus artikel ini sampe selesai. Karena, saya bakal kasih tau kamu langkah-langkah yang harus kamu lakuin buat bersihin wajan atau panci yang gosong dan berkerak, tanpa harus repot, lama, atau boros.

Percaya deh, cara ini ampuh dan aman. Wajan atau panci kamu bakal kinclong lagi kayak baru. Kamu juga bakal dapet untung lain, kayak hemat air, listrik, dan sabun, serta jaga kesehatan dan kebersihan alat masak kamu.

Penyebab Wajan atau Panci Gosong dan Berkerak

Sebelum kita bahas cara bersihin wajan atau panci, ada baiknya kita tau dulu penyebabnya. Karena, dengan tau penyebabnya, kita bisa hindarin hal ini terjadi lagi di masa depan.

Jadi, apa aja sih yang bisa bikin wajan atau panci kamu gosong dan berkerak? Ini dia beberapa alasannya:

  • Masak pake api terlalu gede atau terlalu lama, sampe makanan yang nempel di wajan atau panci kebakar dan keras.
  • Masak pake minyak atau lemak kebanyakan, sampe bikin noda dan bau yang susah ilang.
  • Masak pake bahan makanan yang asam, kayak tomat, cuka, atau lemon, sampe bereaksi sama logam wajan atau panci dan bikin karat.
  • Masak pake bahan makanan yang manis, kayak madu, saus, atau sirup, sampe bikin karamel yang lengket dan keras.
  • Masak pake bahan makanan yang berpati, kayak nasi, pasta, atau kentang, sampe bikin tepung yang kering dan rapuh.
  • Masak pake bahan makanan yang berprotein, kayak telur, daging, atau susu, sampe bikin susu gosong yang coklat dan bau.
  • Gak langsung bersihin wajan atau panci abis masak, sampe sisa makanan yang nempel makin keras dan numpuk.
  • Bersihin wajan atau panci pake cara yang salah, kayak pake sabun atau deterjen yang terlalu keras, pake sikat atau spons yang terlalu kasar, atau pake air yang terlalu panas atau terlalu dingin.

Semua alasan di atas bisa bikin wajan atau panci kamu gosong dan berkerak, yang gak cuma jelek liatnya, tapi juga jelek kualitas dan fungsinya.

Baca Juga: Jangan Salah! Ini Perbedaan Stunting dan Gizi Buruk yang Wajib Dipahami Semua Orang Tua yang Baik

Wajan atau panci yang gosong dan berkerak bisa ngurangin kemampuan ngepanasin, bikin makanan jadi bau dan gak enak, serta nambahin resiko kena kuman atau logam berat.

Cara Bersihin Wajan atau Panci

Setelah tau penyebabnya, sekarang kita bakal bahas cara bersihin wajan atau panci. Kayak yang udah saya bilang sebelumnya, kamu gak perlu beli pembersih khusus yang mahal atau berbahaya.

Kamu bisa pake bahan-bahan alami yang ada di rumah, kayak cuka, baking soda, garam, lemon, atau soda kue. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikutin:

  1. Isi wajan atau panci kamu dengan air sampe nutupin bagian yang berkerak, terus tambahin beberapa sendok makan cuka putih. Cuka putih bisa bantu larutin kerak yang terbentuk karena reaksi asam-basa, kayak karat atau karamel.
  2. Rebus air dan cuka itu selama 10-15 menit, terus matiin api dan biarin dingin. Kamu bisa liat kerak mulai ngelupas dan ngambang di permukaan air.
  3. Buang air dan cuka itu, terus taburin baking soda atau soda kue ke seluruh permukaan wajan atau panci. Baking soda atau soda kue bisa bantu bersihin noda dan bau yang sisa, serta balikin kilau logam.
  4. Gosok wajan atau panci dengan spons atau sikat yang lembut, dengan gerakan melingkar. Kamu bisa nambahin sedikit air kalo perlu, buat bikin pasta baking soda atau soda kue.
  5. Bilas wajan atau panci dengan air bersih, terus keringin dengan lap kering atau kertas tisu. Kamu bisa gosok lagi dengan sedikit minyak sayur atau zaitun, buat lindungin permukaan logam dari karat.

Selain pake cuka dan baking soda atau soda kue, kamu juga bisa pake bahan-bahan lain yang punya sifat asam atau basa, kayak lemon, garam, atau deterjen.

Kamu bisa campurin bahan-bahan itu dengan air, terus rebus atau rendam di wajan atau panci yang berkerak, sebelum gosok dengan spons atau sikat yang lembut.

Pesan Akhir

Nah, itu dia cara yang gampang dan murah buat bersihin wajan atau panci. Semoga kamu bisa cobain dan rasain manfaatnya. Tapi, inget ya, jangan sampe hal ini terjadi lagi.

Karena, walaupun ada cara buat ngatasinnya, tetep aja lebih baik mencegah daripada mengobati.

Jadi, rawat alat masak kamu dengan baik. Bersihin segera abis masak. Pake api yang pas-pasan. Hindari masak pake bahan-bahan yang bisa rusakin permukaan logam.

Dan, yang paling penting, jangan lupa buat selalu bersyukur atas nikmat yang Tuhan kasih ke kita.

Karena, dengan bersyukur, kita bakal merasa cukup dengan apa yang kita punya. Kita gak bakal iri atau dengki sama orang lain yang punya alat masak yang lebih bagus atau lebih mahal.

Kita bakal rawat alat masak kita dengan penuh sayang, karena kita tau bahwa itu adalah karunia yang luar biasa.

Demikian artikel yang bisa saya bagi kali ini. Semoga bermanfaat dan menghibur kamu. Kalo kamu suka sama tulisan saya, silakan subscribe situs ini, ya.

Biar gak ketinggalan artikel-artikel seru lainnya. Makasih udah baca. Sampai ketemu di artikel berikutnya.***

Tinggalkan Balasan