banner 325x300
Berita

Balita di Cibeber Digigit Anjing Rabies

×

Balita di Cibeber Digigit Anjing Rabies

Sebarkan artikel ini

CIANJURUPDATE.COM, Cibeber – M Raihan Firdaus balita berusia 3 tahun, di Kampung Puncaksalak, Desa Cibokor, Kecamatan Cibeber menjadi korban gigitan anjing rabies. Saat ini kondisi kesehatannya berangsur membaik usai ditangani tim kesehatan dari Puskesmas Cibeber.

Perawat Senior Puskesmas Cibeber, H Wahyudin menuturkan, balita tersebut digigit pada Sabtu (12/01/2019). Di lokasi kejadian, kata dia, masih banyak berkeliaran anjing liar sehingga memungkinkan menyerang manusia jika anjomg tersebut terinfeksi virus rabies.

banner 325x300

“Menurut orangtua korban, anaknya sedang main di pekarangan rumah lalu digigit pada bagian betis kaki oleh anjing liar,” ungkapnya.

Pascaperistiwa, puskesmas rutin memberikan vaksin kepada korban supaya kesehatannya kembali pulih, dan virus rabies tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya.

“Penanganan intensif kami lakukan kepada korban, supaya virusnya tidak menyebar luas,” sebutnya.

Tim Lapangan Dinas Peternakan dan Kelautan Kabupaten Cianjur, Drh Firda Prawita mengatakn, jika prilaku anjing liar yang tiba-tiba menyerang maupun menggigit manusia dipastikan mengalami penyakit rabies.

“Tadinya tim dinas peternakan hendak mengobservasi anjing yang menggigit Raihan. Tapi kata warga anjing tersebut sudah dibunuh. Sebab, meresahkan masyarakat sekitar,” jelasnya.

Ke depan, kata dia, pihaknya akan menggelar sosialisasi penanganan rabies di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur, khususnya pada daerah pelosok yang memungkinkan habitat hewan liar seperti kera, kucing, dan anjing.

“Selain itu sejumlah anjing peliharaan milik warga pun akan kami vaksin rabies setahun sekali, guna mencegah penyebaran virus terhadap manusia,” tutupnya.

banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan