banner 325x300
Tips dan Tutorial

Awas, Listrik Mati Tiba-tiba Membahayakan Elektronik

×

Awas, Listrik Mati Tiba-tiba Membahayakan Elektronik

Sebarkan artikel ini
ilustrasi listrik mati

CIANJURUPDATE.COM – Ini harus jadi perhatian bagi anda yang memiliki barang elektronik. Listrik yang sering mati akhir-akhir ini ternyata dapat berdampak negatif, terutama laptop, netbook, komputer, televisi, dan lainnya.

Pemadaman listrik secara mendadak dapat merusak alat elektronik anda, apalagi ketika sedang digunakan. Hal itu bisa menimbulkan loncatan listrik (power surge) yang tinggi, yang dapat mengakibatkan hard disk cepat rusak.

banner 325x300

Hard disk membutuhkan waktu untuk mengatur kembali posisi head di dalamnya, dari mode kerja ke mode diam.

Begitu juga saat menyala tiba-tiba, komponen power supply terutama kondensator bisa berpotensi terbakar. Saat listrik menyala tiba-tiba dapat menimbulkan lonjakan listrik yang cukup besar, karena arus listrik menyerbu masuk.

Baca Juga

Televisi

Anda harus waspada ketika sedang menonton televisi, lalu terjadi pemadaman listrik. Itu sebenarnya sama saja seperti melakukan on/off. Namun berbeda jika anda sedang memprogram TV anda, lalu listrik tiba-tiba padam. Kejadian ini bisa membuat IC EEPROM mengalami kerusakan.

Saat memprogram, Mikrokontroller akan megatur tegangan. Maka jika aliran listrik terputus tiba-tiba IC anda akan berpotensi rusak.

Itulah beberapa dampak listrik mati secara tiba-tiba pada elektronik. Semoga bermanfaat! (ct3/bbs)

Penulis : Elga Nurani
Editor : M Reza Fauzie

banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan