Gaya Hidup

Awas! Ini 6 Resiko Jika Anak Tidak Kenal dan Akrab Dengan Orang Tua, Jangan Sampai Kecolongan

×

Awas! Ini 6 Resiko Jika Anak Tidak Kenal dan Akrab Dengan Orang Tua, Jangan Sampai Kecolongan

Sebarkan artikel ini
Awas! Ini 6 Resiko Jika Anak Tidak Kenal dan Akrab Dengan Orang Tua, Jangan Sampai Kecolongan
Photo by Juliane Liebermann

CIANJURUPDATE.COM – Di masa kanak-kanak, anak-anak belajar dan berkembang dengan pesat, baik secara fisik, emosional, maupun sosial. Salah satu faktor terpenting yang memengaruhi perkembangan anak adalah hubungan mereka dengan orang tua. Di sini akan dibahas 6 resiko jika anak tidak kenal dan akrab dengan orang tua.

Kedekatan dan keakraban antara anak dan orang tua memiliki banyak manfaat bagi anak, seperti:

  • Meningkatkan rasa aman dan percaya diri
  • Membantu anak belajar mengelola emosi
  • Meningkatkan kemampuan bersosialisasi
  • Membantu anak mengembangkan nilai-nilai moral
  • Meningkatkan prestasi belajar

BACA JUGA: Resiko Jika Anda Menggunakan WhatsApp Mod seperti WA GB APK/Plus

Resiko Jika Anak Tidak Kenal dan Akrab Dengan Orang Tua

Namun, apa resiko jika anak tidak mengenal dan dekat dengan orang tua sejak kecil? Hal ini dapat membawa berbagai risiko serius bagi perkembangan anak. Berikut adalah 6 risiko yang mungkin terjadi:

1. Rasa Tidak Aman dan Kepercayaan Diri Rendah

Anak yang tidak dekat dengan orang tua cenderung memiliki rasa tidak aman yang lebih tinggi. Mereka mungkin merasa tidak dicintai, tidak dihargai, dan tidak dipedulikan. Hal ini dapat menyebabkan anak menjadi pendiam, mudah cemas, dan tidak percaya diri.

2. Kesulitan Mengelola Emosi

Orang tua adalah orang pertama yang mengajari anak tentang cara mengelola emosi. Anak yang tidak dekat dengan orang tua mungkin mengalami kesulitan untuk memahami dan mengelola emosi mereka. Hal ini dapat menyebabkan anak menjadi mudah marah, sedih, cemas, dan frustrasi.

3. Keterampilan Sosial yang Buruk

Orang tua adalah model utama bagi anak dalam hal bersosialisasi. Anak yang tidak dekat dengan orang tua mungkin mengalami kesulitan untuk membentuk hubungan sosial yang sehat. Hal ini dapat menyebabkan anak menjadi penyendiri, mudah marah, dan tidak memiliki teman.

4. Prestasi Belajar yang Rendah

Anak yang tidak dekat dengan orang tua cenderung memiliki prestasi belajar yang lebih rendah. Hal ini karena mereka tidak memiliki dukungan dan motivasi yang cukup dari orang tua.

5. Perilaku Berisiko

Anak yang tidak dekat dengan orang tua cenderung terlibat dalam perilaku berisiko, seperti penyalahgunaan narkoba, seks bebas, dan kenakalan remaja. Hal ini karena mereka mencari perhatian dan kasih sayang dari orang lain.

6. Gangguan Kesehatan Mental

Anak yang tidak dekat dengan orang tua cenderung mengalami gangguan kesehatan mental, seperti depresi, kecemasan, dan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

BACA JUGA: Kesepian Bisa Sebabkan Resiko Sakit Jantung, Benarkah?

Nomor 5 Paling Fatal

Dari keenam risiko di atas, nomor 5 adalah yang paling fatal, yaitu perilaku berisiko. Perilaku berisiko dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan anak, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Kesimpulan

Jadi, ada banyak resiko jika anak tidak kenal dan akrab dengan orang tua yang harus diketahui. Kedekatan dan keakraban antara anak dan orang tua sangat penting bagi perkembangan anak.

Orang tua harus meluangkan waktu dan memberikan perhatian kepada anak agar mereka merasa dicintai, dihargai, dan dipedulikan. Hal ini akan membantu anak untuk tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Tinggalkan Balasan