banner 325x300
Berita

Akses Jalan Wisata Situ Beber Cianjur Terputus Akibat Tertimbun Longsor

×

Akses Jalan Wisata Situ Beber Cianjur Terputus Akibat Tertimbun Longsor

Sebarkan artikel ini
Akses Jalan Wisata Situ Beber Cianjur Terputus Akibat Tertimbun Longsor

CIANJURUPDATE.COM, Pagelaran – Longsor kembali terjang Desa Situhiang Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur. Material longsoran setinggi 1 meter pun menutup akses jalan, terutama ke destinasi wisata Situ Beber.

Longsor tersebut terjadi pada Kamis (19/5/2022) pagi sekitar pukul 06.00 Wib, setelah malam sebelumnya hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur kawasan tersebut selama beberapa jam.

Salah seorang warga Neng Ida (20) mengatakan, sebetulnya longsoran ini longsoran kedua yang pertama pada Minggu (8/5/2022) lalu, tidak jauh dari lokasi longsor yang terjadi pada hari ini, hanya berjarak puluhan meter dari titik sebelumnya.

Baca Juga: Longsor di Naringgul, Seorang Anak Meninggal Dunia Tertimbun Longsor

“Iya longsor lagi, kalau yang kemarin longsor itu di lokasi yang agak ke atas, yang longsor sekarang di bawahnya sedikit. Jarak longsor kemarin dengan yang hari ini terjadi hanya puluhan meter saja,” ucap dia, Kamis (19/5/2022).

Ida menuturkan, tebing setinggi 20 meter yang longsor itu membuat akses jalan tertutup material longsor sepanjang 10 meter dengan ketebalan longsoran 1 meter.

Sehingga mengakibatkan akses kendaraan lumpuh untuk sementara waktu, terutama akses menuju destinasi wisata Situ Beber.

“Kemarin sih sudah berhasil dibersihkan, dan bisa dilalui lagi. Sekarang karena tertutup longsor, jadi akses ke Situ Beber tertutup lagi. Jangankan mobil, motor saja tidak bisa melintas karena longsoran menutup seluruh badan jalan,” kata dia.

Sementara itu, Camat Pagelaran Denny Widya mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan tim untuk membersihkan material longsoran agar akses jalan bisa kembali normal.

Baca Juga: Tebing 50 Meter di Pasirkuda Longsor, Jalur Air Warga Tertutup

“Petugas dari kecamatan pun, bersama Retana dan masyarakat masih berusaha membersihkan longsoran. Agar bisa warga lalui kembali. Tapi kami imbau masyarakat waspada, karena titik tersebut rawan longsor dan pergerakan tanah,” singkatnya. (ren)

banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan