Klik Bisnis

8 Cara Mengelola Keuangan Usaha yang Baik dan Benar

KLIK CIANJUR – Anda adalah pemilik bisnis kecil, tetapi bukan berarti Anda harus menjadi manajer keuangan yang buruk. Bahkan jika Anda tidak pandai menyeimbangkan buku cek atau mengelola anggaran, ada beberapa cara untuk mengelola keuangan Anda dan menghemat uang usaha. Dengan menyiapkan sistem yang terorganisir untuk melacak pengeluaran, melakukan pembayaran tepat waktu, dan mendapatkan bantuan pajak lebih awal (dan sering), Anda dapat menghemat ratusan ribu atau jutaan rupiah selama bertahun-tahun.

Cara Mengelola Keuangan Usaha

1. Siapkan rekening tabungan untuk bisnis Anda.

Menyiapkan rekening tabungan untuk bisnis Anda adalah cara pertama menuju mengelola keuangan usaha yang lebih baik. Anda mungkin perlu menabung untuk:

  • Keadaan darurat bisnis. Anda tidak pernah tahu kapan Anda akan mengalami pengeluaran yang tidak terduga, dan memiliki rekening giro bisnis yang sehat akan mempermudah penanganan hal yang tidak terduga ketika hal itu terjadi.
  • Musim pajak. Bahkan jika Anda melakukan pajak sendiri, ada biaya yang terkait dengan melakukannya yang harus Anda rencanakan-seperti membeli perangkat lunak dan membayar seorang profesional untuk membantu dengan pertanyaan persiapan pajak atau kesalahan yang Anda buat di sepanjang jalan.
  • Pengeluaran bisnis di masa depan. Memiliki tabungan sebelumnya akan memungkinkan Anda lebih fleksibel dengan berapa banyak uang yang dibelanjakan untuk peralatan baru atau perlengkapan kantor saat mereka muncul di sepanjang siklus hidup perusahaan Anda (dan membantu mencegah biaya cerukan sial di akhir bulan).

2. Menetapkan prosedur pembayaran.

Meskipun penting untuk mengetahui perbedaan antara debit dan kredit, atau cara menggunakan program spreadsheet, Anda juga perlu menyiapkan sistem untuk menerima pembayaran dari pelanggan dan melacak utang Anda kepada mereka. Pastikan Anda memiliki cara untuk melacak tagihan apa yang jatuh tempo kapan agar Anda tidak lengah dengan tagihan tak terduga di akhir setiap bulan.

3. Tentukan cara membayar diri Anda sendiri.

Setelah Anda memutuskan berapa banyak uang yang akan dimasukkan ke dalam bisnis Anda, Anda perlu memutuskan berapa banyak dari uang itu yang akan digunakan untuk membayar diri Anda sendiri. Jumlah yang Anda bayarkan kepada diri Anda sendiri tergantung pada bisnis Anda dan apa yang diperlukan agar bisnis berjalan lancar.

Jika Anda memulai bisnis kecil bersama teman atau anggota keluarga, mungkin lebih mudah untuk membagi penghasilan secara merata di antara semua orang yang terlibat. Hal ini dapat membantu memastikan bahwa setiap orang dibayar secara adil dan diberi kompensasi atas waktu dan upaya mereka. Jika satu orang memiliki lebih banyak pengalaman daripada yang lain (atau menyumbangkan lebih banyak waktu), mereka mungkin menerima bagian keuntungan yang lebih besar – tetapi ini tidak berarti mereka akan mendapatkan lebih banyak per jam daripada orang lain dalam kelompok yang mendedikasikan lebih sedikit waktu tetapi melakukan pekerjaan yang berkualitas!

1 2 3 4 5Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Back to top button