Skip to main content

Embrio Mutan Gabungan Sel Manusia Dan Hewan Di Jepang ??


Cianjur Update | Seorang ilmuwan asal Jepang yang bernama Hiromitsu Nakauchi telah mendapatkan dukungan dari pemerintah Jepang dalam rencananya untuk menumbuhkan sel manusia dan tikus ke dalam embrio tikus dan kemudian mentransplantasikannya menjadi hewan surogasi.

Meskipun beberapa ahli bioetika khawatir dengan kemungkinan bahwa sel-sel manusia tersesat melampaui pengembangan organ yang ditargetkan, melakukan perjalanan ke otak hewan yang sedang berkembang dan berpotensi mempengaruhi kognisi. Namun Nakauchi mengatakan bahwa semua kekhawatiran itu telah diperhitungkan di dalam desain percobaannya.

"Kami mencoba untuk melakukan pembuatan organ yang ditargetkan, jadi sel-selnya hanya menuju pankreas," Ujar Nakauchi.

Adapun tujuan dari rencana tersebut ialah menghasilkan hewan dengan organ terbuat dari sel manusia yang akhirnya bisa ditransplantasikan ke manusia.

Sebelumnya pada tahun 2017, Nakauchi dan tim nya melaporkan injeksi sel-sel iPS tikus ke dalam embrio tikus yang tidak dapat menghasilkan pankreas. Tikus membentuk pankreas yang seluruhnya terbuat dari sel-sel tikus. Nakauchi dan timnya mentransplantasikan pankreas kembali ke tikus yang telah direkayasa untuk menderita diabetes, organ yang diproduksi tikus ini mampu mengendalikan kadar gula darah, secara efektif menyembuhkan tikus diabetes.

Tentunya publik menantikan keberhasilal Hiromitsu Nakauchi yang menjadi pemimpin tim di University of Tokyo dan Stanford University di California dalam rencana tersebut.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar