Skip to main content

Unta Atau Onta, Transportasi Handal Padang Pasir

Unta Atau Onta, Transportasi Handal Padang Pasir
Gambar / Foto Unta / Onta

Unta atau Onta adalah hewan berkuku belah yang dikenal sebagai hewan tunggang di wilayah kering dan gurun atau padang pasir. Selain susunya yang dapat di konsumsi oleh manusia dan memiliki nilai nutrisi yang lebih besar dari susu sapi, hewan pekerja yang telah di domestikasi oleh manusia sejak sekitar 5.000 tahun lalu ini juga lebih sering di manfaatkan oleh manusia sebagai alat transportasi.

Klasifikasi ilmiah
KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasMammalia
OrdoArtiodactyla
FamiliCamelidae
GenusCamelus (Linnaeus, 1758)
SpesiesCamelus bactrianus (Linnaeus, 1758)
Camelus dromedarius (Linnaeus, 1758)

Unta termasuk hewan tangguh dalam hal adaptasi terhadap suhu panas dan dapat bertahan hingga suhu 41 derajat celcius. Selain ginjal dan usus mereka sangat efisien dalam menyaring air, unta juga memiliki punuk berisi lemak khusus yang dapat diubahnya menjadi air disaat-saat tertentu, didapatkan 1 gram air dari 1 gram lemaknya tersebut.

Unta dapat hidup hingga usia sekitar 30 sampai 50 tahun. Terdapat 2 spesies hewan yang memiliki sistem imunitas yang tergolong unik ini, antara lain:

1. Camelus Bactrianus
Unta baktria - Camelus bactrianus

Unta baktria atau Camelus Bactrianus adalah jenis spesies unta asli dari stepa-stepa di Asia Tengah (kawasan Baktria). Unta yang memiliki dua punuk pada punggungnya ini masuk dalam daftar IUCN sebagai hewan yang beresiko tinggi untuk punah atau kritis.

Spesies unta yang dapat minum hingga 120 liter air sekaligus ini merupakan herbivora pemakan rumput dan daun-daunan. Jenis spesies unta yang memiliki tubuh hingga tinggi lebih dari 2 meter dengan berat sekitar 725kg ini memiliki bulu tebal yang berguna untuk menghangatkan tubuhnya dari dinginnya udara malam di padang gurun dan berguna untuk melindungi tubuhnya dari panasnya siang hari. Selain itu telapak kaki mereka lebih lebar serta berlapis.

Banyak dijumpai di kawasan Gurun Gobi di Tiongkok, Mongolia, serta Australia.

2. Camelus Dromedarius
Unta Arab - Camelus Dromedarius

Unta arab atau Camelus dromedarius adalah jenis spesies unta yang diperkirakan bersal dari wilayah Semenanjung Arab yang meluas dari Timur Tengah hingga kawasan benua Afraka bagian utara. Ukuran tubuh jantan dari unta yang hanya memiliki satu punuk di punggungnya ini sekitar 1,8 hingga 2 meter (tinggi) dengan berat sekitar 400 hingga 600kg, sedangkan betinanya memiliki tinggi tubuh sekitar 1,7 hingga 1,9 meter dengan bobot antara 300 hingga 540 kilo Gram. Saat ini populasi unta arab di seluruh dunia diperkirakan terdapat sekitar 14 juta ekor.

Banyak dijumpai di Somalia, Ethiopia, negara-negara Timur Tengah, dan lainnya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar