Skip to main content

BURUNG KENARI (Serinus Canaria)

Burung Kenari adalah spesies burung kecil dari genus Serinus dalam keluarga Fringillidae yang berasal dari Kepulauan Canary, Spanyol di Samudra Atlantik. Dihabitatnya sebagian besar burung kenari memiliki warna tubuh kuning kehijauan, dengan coretan kecoklatan pada punggungnya, namun tidak sedikit penangkaran telah menghasilkan varian warna baru pada burung yang pertama ditemukan Oleh Pelaut Perancis bernama Jean de Berthan Cout ini.

Gambar BURUNG KENARI.. [ Artikel lengkap ]

Nama Kenari berasal dari nama lokasi habitatnya, yaitu kepulauan Canary dan telah menjadi simbol alam Kepulauan tersebut bersama dengan pohon kurma. Pada habitatnya diperkirakan terdapat sekitar 80.000-90.000 pasangan burung kenari di Kepulauan Canary, 30.000-60.000 pasang di Azores, dan 4.000-5.000 pasang di Madeira.

Burung kenari liar memiliki panjang tubuh sekitar 10 hingga 12cm dengan lebar sayap 21 hingga 24cm yang berat tubuhnya 8-24g. Kenari jantan memiliki kepala yang sebagian besar berwarna kuning kehijauan dengan wajah dan supercilium yang kekuningan. Pada bagian bawah perutnya berwarna keputihan dengan beberapa garis gelap pada sisi-sisinya. Bagian atas berwarna abu-abu hijau dengan garis-garis gelap dan pantat kuning kusam. Memiliki kemiripan dengan jantan, namun warna dari kenari betina tidak secerah burung jantan. Sedangkan burung kenari muda sebagian besar berwarna coklat dengan garis-garis gelap.

Sarang burung kenari berbentuk mangkuk yang dibangun 1 hingga 6m di atas tanah pada pohon atau semak yang tersembunyi di antara dedaunan yang dibuat dari ranting, rumput, lumut dan bahan tanaman lainnya yang dilapisi dengan bahan lembut seperti rambut dan bulu. Sebagai anggota Unggas, burung yang mencari makan di tanah atau di antara vegetasi rendah, seperti benih gulma, rumput, dan buah ara, serta serangga kecil ini berkembang biak dengan cara bertelur.

Musim kawin burung kenari pada habitatnya terjadi antara Januari dan Juli di Kepulauan Canary, bulan Maret hingga Juni di Madeira, dan dari bulan Maret hingga Juli di Azores. Telur-telur berwarna biru pucat atau biru kehijauan dengan tanda ungu atau kemerahan. Induk betina dapat menghasilkan hingga 5 telur dalam satu musim dan mengeraminya selama 13-14 hari. Setelah menetas, anak burung kenari akan meninggalkan sarangnya setelah berusia 14 hingga 21 hari.

Klasifikasi ilmiah
KingdomAnimalia
PhylumChordata
ClassAves
OrderPasseriformes
FamilyFringillidae
SubfamilyCarduelinae
GenusSerinus
SpeciesS. canaria
Binomial nameSerinus canaria (Linnaeus, 1758)

Artikel / Gambar Burung Lainnya:
Gambar Burung Kenari

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar