Skip to main content

BURUNG KACER (Kucica Kampung)

Burung Kacer atau Kucica kampung adalah sejenis burung kecil pengicau kerabat burung kontes populer Murai batu dari genus Copsychus. Sama halnya dengan burung Murai batu, burung Kecer merupakan burung yang memiliki daya jelajah dan kecepatan terbang yang tinggi.

Gambar BURUNG KACER.. [ Artikel lengkap ]

Burung Kacer hidup di dataran rendah sampai dengan ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Mereka tergolong hewan yang aktif dalam hal mencari makan, Burung yang berwarna hitam dan putih dengan ekor yang panjang ini banya ditemukan di wilayah Asia tenggara dan Asia selatan. Spesies burung yang menjadi burung nasional Bangladesh ini memiliki panjang total sekitar 19cm atau 7.5 inci termasuk ekornya.

Burung kacer jantan memiliki ciri bagian atas tubuh berwarna hitam dengan kepala serta tenggorokan berwarna putih. Pada bagian bawah tubuh dan sisi ekornya berwarna putih. Sementara kacer betina memiliki warna tubuh hitam keabu-abuan, dan Burung muda memiliki ciri pada bagian atas dan kepala berwarna coklat bersisik. Burung yang ekornya selalu terangkat keatas saat sedang mencari makan di tanah ini pada umumnya lebih sering menyendiri di pohon kelapa, randu, dan ranting-ranting pohon kering, kecuali pada musim kawin burung kecer akan selalu bersama pasangannya.

Dihabitatnya, musim kawin burung kacer umumnya pada bulan Maret hingga Juli. Para jantan akan terus berkicau dengan membusungkan tubuhnya untuk memikat betina, kemuduian sarang akan dibuat sekitar 7 hari sebelum bertelur dengan menggunakan rerumputan. Betina akan bertelur hingga 5 butir telur dalam interval 24 jam. Kemudian telur-telurnya yang berbentuk oval dengan warna biru pucat bintik-bintik kecoklatan akan diinkubasi atau dierami oleh induk betina selama 8 hingga 14 hari.

Klasifikasi ilmiah
KingdomAnimalia
PhylumChordata
ClassAves
OrderPasseriformes
FamilyMuscicapidae
GenusCopsychus
SpeciesC. saularis
Binomial nameCopsychus saularis (Linnaeus, 1758)
SynonymsGracula saularis (Linnaeus, 1758)

Artikel / Gambar Burung Lainnya:
Gambar Burung Kacer

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar