Skip to main content

BURUNG CIBLEK (Perenjak Jawa)

Burung Ciblek atau Perenjak jawa adalah sejenis burung kicau dari Keluarga Cisticolidae yang dikenal dalam bahasa Inggris dengan nama Bar-winged Prinia, terkait 2 garis putih yang terdapat pada setiap sayapnya.

Gambar BURUNG CIBLEK.. [ Artikel lengkap ]

Dengan memiliki ekor cenderung panjang berwarna hitam dan putih, panjang keseluruhan burung yang berpostur tubuh ramping ini sekitar 13cm dari ujung paruh hingga ujung ekornya. Hampir seluruh sisi atas badan berwarna coklat hijau-zaitun, dengan perut dan pantat berwarna kekuningan, dan yenggorokan serta dadanya berwarna putih. Burung Ciblek memiliki 2 garis putih pada kedua sayapnya, serta memiliki paruh yang panjang meruncing, dengan kakinya yang langsing berwarna coklat kemerahan atau merah jambu.

Burung Ciblek termasuk burung yang lincah serta sering berkicau dan banyak dijumpai di taman, pekarangan, tepi sawah, perkebunan, hutan sekunder, hingga hutan bakau. Burung pemakan aneka serangga dan ulat ini merupakan burung endemik wilayah Sumatra, Jawa dan Bali. Burung yang pada umumnya terbang hingga pada ketinggian ketinggian 1.500 m dpl ini terbiasa membuat sarang pada rerumputan atau semak-semak hingga ketinggian 1,5m di atas tanah. Antara jantan dan betina burung ciblek dapat dibedakan dari ukurun tubuhnya, dimana ciblek jantan memiliki ukuran tubuh lebih besar dari betina serta dan aktif berkicau. Perbedaannya juga dapat dilihat dari warna paruhnya, seperti berikut:
  • Jantan muda memiliki paruh bawah berwarna putih dengan ujung hitam,
  • Jantan dewasa keseluruhan paruh bawah berwarna hitam,
  • Sedangkan betina memiliki paruh bawah berwarna putih pucat.

Cara menangkap burung ciblek tergolong mudah, selain bersifat jinak tidak terlalu tekut terhadap manusia, para pemburu menggunakan cara memakai bantuan cermin di dalam sebuah sangkar khusus perangkap sehingga dapat menarik burung untuk masuk ke dalam sangkar perangkap tersebut karena tertarik oleh bayangannya sendiri dan terjebak di dalam sangkar. Burung yang mudah stres saat dipelihara ini pada umumnya diberi makanan berupa kroto atau tempayak dan anak semut rangrang, serta pelet atau voer, dan ulat hongkong, oleh para penggemar atau pemelihara burung.

Klasifikasi ilmiah
KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliCisticolidae
GenusPrinia
SpesiesP. familiaris
Nama binomialPrinia familiaris (Horsfield, 1821)

Artikel / Gambar Burung Lainnya:
Gambar Burung Ciblek

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar