7 Jenis Spesies Lebah Penghasil Madu

Lebah adalah serangga penyengat yang berasal dari keluarga Apidae. Terdapat sekitar 20.000 macam jenis spesies lebah yang pada umumnya hidup secara berkelompok atau koloni dan terdapat juga lebah yang hidup menyendiri atau disebut disebut lebah soliter. Pada umumnya hewan yang dapat ditemukan di berbagai benua, kecuali Antartika ini dikenal dengan madunya, meskipun dari 20.000 jenis spesiesnya hanya 7 spesies lebah saja yang diketahui sebagai lebah penghasil madu yang biasa dikonsumsi serta dijadikan obat oleh manusia.

7 Jenis Spesies Lebah Penghasil Madu
Gambar Lebah di sarangnya - Aprillancebees

Serangga memiliki tiga pasang kaki dan dua pasang sayap. Sarang lebah sering dijumpai di pohon-pohon, gua, celah bebatuan dan di atap rumah yang dibuat menggunakan perekat dari getah pohon atau dikenal dengan nama propolis. Sarang tersebut berisikan kumpulan struktur berbentuk heksagonal yang dijadikan sebagai menyimpan polen lebah, telur, larva, pupa lebah, dan madu.

Cara Lebah menggunakan sengatannya dengan menusukkan ekornya berkali-kali ke epidermis musuhnya ketika merasa terancam. Meskipun pada umumnya ekor penyengat beserta kantung sengat nya tersebut akan terlepas dan tertinggal sehingga mengakibatkan kematian pada lebah tersebut dalam beberapa menit.

Spesies-spesies lebah penyengat pada umumnya termasuk kedalam lebah yang hidup secara berkoloni. Di dalam satu koloni lebah, terdapat beberapa kasta lebah dengan tugas dan fungsinya masing-masing, antara lain:


Ratu Lebah

Ratu lebah adalah induk betina dari semua lebah pada suatu koloni lebah yang memiliki ukuran tubuh paling besar diantara kelompoknya. Di dalam satu koloni biasanya hanya terdapat satu Ratu lebah yang seumur hidupnya dihabiskan untuk berkembang biak atau bertelur, beberapa jenis spesies memiliki lebih dari satu Ratu. Perkawinan pada Ratu lebah tergolong unik dan meski hanya sekali dalam seumur hidupnya, namun mampu bertelur hingga kira-kira 2.000 butir telur perhari.

Perkawinan yang dilakukan Ratu lebah tergolong unik, yaitu dengan cara terbang tinggi pada cuaca cerah, kemudian para pejantan mengejarnya, dan siapa yang pertama mengejarnya maka pejantan tersebut yang akan mengawini sang Ratu. Setelah perkawinan induk jantan tersebut akan mati oleh karena testisnya lepas dan tertanam pada ovarium induk betina atau Ratu lebah. Makanan dari Ratu lebah adalah sari madu dan dapat hidup hingga usia 3 tahun.


Lebah Pekerja

Lebah pekerja adalah lebah-lebah berjenis kelamin betina yang memiliki tugas untuk mengumpulkan serbuk sari serta nektar. Nektar adalah sari bunga yang memiliki rasa manis yang merupakan makanan dari lebah pekerja. Madu merupakan cairan dari muntahan nektar yang dimakan oleh lebah pekerja yang disimpan di sarangnya sebagai cadangan makanan dan dijadikan sebagai makanan bagi larva dan pupa lebah. Lebah pekerja ini terbentuk dari sel telur yang dibuahi oleh sperma yang tersimpan dalam ovarium induk.

Meski lebah pekerja juga dapat bertelur, namun mereka hanya akan melahirkan lebah jantan, karena lebah pekerja tidak melakukan perkawinan sehingga telur-telurnya tersebut tidak terbuahi oleh sperma jantan. Dibutuhkan generasi setelahnya untuk dapat meregenerasi atau membuat koloni baru, karena untuk menjadi Ratu lebah harus memakan sari madu (royal jelly) dari mulai pase baru menetas dari telur menjadi larva hingga seterusnya, sedangkan lebah pekerja hanya makan madu biasa. Setelah Ratunya tidak lagi produktif kesuburannya, maka lebah pekerja dapat melakukan perkawinan dan memilih telur terbaiknya untuk dijadikan Ratu di generasi selanjutnya dengan memberi makan sari madu (royal jelly atau disebut juga susu ratu kerena warnanya putih bagaikan warna susu) dari mulai telurnya menetas menjadi larva hingga menjadi Ratu.


Lebah Jantan

Lebah jantan adalah lebah yang jumlahnya lebih sedikit dari lebah pekerja atau lebah betina dan bertugas membantu lebah betina untuk mempersiapkan regenerasi koloni dengan mengawini lebah betina. Lebah jantan merupakan lebah yang dihasilkan dari telur tak terbuahi dan mereka akan mati setelah melakukan perkawinan.


Klasifikasi Ilmiah Lebah
KingdomAnimalia
CladeEuarthropoda
KelasInsecta
OrdoHymenoptera
SubordoApocrita
SuperfamilyApoidea
KeluargaApidae

Gambar sarang madu buatan manusia
Gambar sarang madu buatan - wp

Sejak jaman dulu lebah telah dijadikan sebagai mata pencaharian oleh manusia, selain madu, lilin lebah, propolis, pollen (tepung sari), serta royal jeli memiliki nilai jual cukup tinggi yang membuat menarik orang untuk mengambil sarang madu di alamnya. Tidak sedikit juga orang menciptakan sarang madu buatan dengan bahan utama kayu. Pada umumnya produk yang dihasilkan lebah memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan manusia. Berikut 7 spesies lebah penghasil madu yang pada umumnya di makan oleh manusia:


1. Apis andreniformis (F. Smith, 1858)

Apis andreniformis atau lebah kerdil hitam adalah spesies lebah dari subgenus Micrapis yang sebagian besar habitatnya berada di kawasan Asia tenggara, antara lain Indonesia, Myanmar, Laos, Vietnam, Thailand, Malaysia, Philifina, India, serta China. Salah satu spesies lebah madu kecil ini kini sudah sulit ditemukan di habitatnya. Pada umumnya sarang lebah spesies ini dibuat sekitar pada keteinggian 2 meter diatas tanah tergantung pada pohon kecil.


2. Apis florea (Fabricius, 1787)

Apis florea atau lebah kerdil adalah salah satu spesies lebah terkecil dari subgenus Micrapis yang berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara. Spesies yang juga menyebar ke sedikit kawasan Afrika ini tergolong lebah yang memiliki keunikan secara morfologi, perilakunya ketika mencari makan dan ketika terancam, mereka akan mengeluarkan suara bisik. Lebah yang dikomodifikasi di beberapa negara ini juga merupakan lebah penyerbuk yang mampu menghasilkan madu berkualitas. Panjang tubuh lebah ini tidak lebih dari 1cm.


3. Apis dorsata (Fabricius, 1793)

Apis dorsata atau lebah raksasa adalah satu-satunya spesies lebah dari subgenus Megapis. Lebah yang memiliki ukuran tubuh paling besar dibandingkan lebah lainnya dari genus Apis ini memiliki panjang tubuh sekitar 17 hingga 20mm. Lebah yang tergolong agresif saat terancam ini pada umumnya selain membuat sarang di pepohonan mereka juga kerap membuat sarang di celah tebing dan bangunan. Terdapat 4 subspesies pada spesies Apis dorsata, antara lain:
  1. A. d. dorsata; primarily, berasal dari India.
  2. A. d. binghami Cockerell atau Lebah madu raksasa Indonesia, dari Indonesia dan Malaysia.
  3. A. d. breviligula Maa, dari Philifina.
  4. A. d. laboriosa Fabricius atau Lebah raksasa Himalaya, di Myanmar, Laos, dan China.

4. Apis cerana (Fabricius, 1793)

Apis cerana atau Lebah madu timur adalah salah satu lebah madu dari subgenus Apis yang dapat ditemukan di wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara, termasuk Pakistan, India, Nepal, Bangladesh, Cina, Jepang, Korea, Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, hingga Australia. Habitat lebah yang memiliki panjang tubuh sekitar 9 hingga 11cm ini di kawasan hutan hujan tropis dan lembab. Terdapat 8 subspesies pada spesies Apis cerana, antara lain pis cerana cerana, Apis cerana heimifeng, Apis cerana indica, Apis cerana japonica, Apis cerana javana, Apis cerana johni, Apis cerana nuluensis, dan Apis cerana skorikovi.


5. Apis koschevnikovi (Enderlein, 1906)

Apis koschevnikovi adalah spesies lebah endemik Pulau Kalimantan, Indonesia dari subgenus Apis. Selain telah menyebar kebeberapa wilayah seperti Sumatera, Indonesia ini juga telah ditemukan di wilayah negara lainnya seperti Thailand, Myanmar, Cambodia, Vietnam, termasuk Malaysia. Pembukaan lahan pertanian seperti perkebunan teh, kelapa sawit, karet, dan lainnya membuat populasi spesies lebah Apis koschevnikovi menjadi berkurang.


6. Apis mellifera (Linnaeus, 1758)

Apis mellifera atau lebah madu barat adalah salah satu jenis lebah penghasil madu dari subgenus Apis yang dapat dijumpai di berbagai benua, kecuali Antartika. Berbeda dengan spesies lainnya, sebuah koloninya dapat bertahan hingga waktu yang lama karena tingkat sosialitasnya tinggi dan telah dianggap sebagai superorganisme atau berkembang biak dengan cara berkerumun. Tawon dan Capung merupakan sebagian predator bagi mereka.

Foto lebah terbang
Foto lebah madu Apis mellifera sedang terbang - Wikipedia

7. Apis nigrocincta (F. Smith, 1861)

Apis nigrocincta adalah jenis spesies lebah madu dari subgenus Apis yang mendiami pulau Mindanao, Filipina dan Sulawesi, Indonesia. Lebah yang panjang tubuhnya sekitar 13 hingga 15mm ini biasanya memiliki 7 hingga 15 ratu dalam satu koloni Lebah Madu.