10 Jenis Hewan Primata Paling Populer

Primata adalah mamalia dari ordo atau bangsa Primates. Selain Kera, Moyet, dan Orang Utan, Manusia juga termasuk kedalam ordo tersebut. Ciri khas utama dari primata ialah memiliki 5 jari dengan kuku-kukunya. Primatologi adalah ilmu yang mempelajari bangsa atau spesies-spesies dari ordo yang memiliki sekitar 350 spesies tersebut.

10 Jenis Primata Paling Populer
Gambar Primata Golden lion tamarin - Zoodegranby

Meskipun secara genetik memiliki kemiripan, namun keberadaan atau pengelompokan Manusia yang dikenal secara ilmiah sebagai spesies Homo Sapiens pada ordo primates ini masih menuai kontroversi dan perdebatan. Jauh dari perdebatan seputar manusia, bayak spesies hewan yang ada pada bangsa primata yang dikategorikan sebagai binatang atau hewan yang dilindungi oleh undang-undang diberbagai negara. Meski demikian, tidak sedikit juga manusia memburu hewan primata yang pada umumnya dijadikan sebagai hewan peliharaan secara pribadi. Hampir di setiap kebun binatang diseluruh dunia terdapat banyak jenis spesies primata. Selain kebun binatang, beberapa tempat konservasi memiliki izin untuk memelihara dan merawat spesies primata dengan beberapa persyaratan.

Klasifikasi Ilmiah
KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasMammalia
SubkelasEutheria
OrdoPrimates (Linnaeus, 1758)
Berikut 10 Jenis Hewan Primata Paling Populer:


1. Emperor Tamarin
Emperor Tamarin - Tamarin Kaisar
Gambar Tamarin Kaisar - Haydensanimalfacts

Emperor tamarin atau Tamarin kaisar adalah salah satu primata dari genus yang berasal dari barat daya Cekungan Amazon, tepat di kawawsan antara timur Peru, utara Bolivia, dan barat Brasil.

Penamaan Emperor atau yang berarti Kaisar diyakini terkait dengan Kaisar Jerman Wilhelm II yang memiliki kumis panjang dan unik mirip dengan kumis yang menjadi ciri khas spesies primata tersebut.

Tamarin kaisar memiliki bulu tubuh yang didominasi oleh warna abu-abu dengan bintik kuning pada dadanya. Tangan dan kakinya berwarna hitam, serta memiliki ekor berwarna cokelat. Panjang tubuhnya dapat mencapai sekitar 26cm dan panjang ekornya sekitar 35 hingga 41cm, dengan bobot maksimal hingga 500 gram.

Klasifikasi ilmiah Emperor Tamarin > Ordo: Primata > Famili: Callitrichidae > Genus: Saguinus > Spesies: S. imperator > Nama binomial: Saguinus imperator (Goeldi, 1907).


2. Gorila
Gorilla - Gorila
Gambar Gorila - 24.hu

Gorila adalah jenis primata terbesar yang memiliki DNA 98% identik dengan DNA Manusia. Terdapat 2 jenis spesies pada hewan yang bersal dari dari hutan tropis di Afrika ini, antara lain Gorila timur atau Eastern gorilla) dan Gorila barat atau Western gorilla.

Hewan omnivora yang dapat hidup hingga usia 50 tahun ini memiliki kebutuhan asupan makanan yang banyak, selain sayur-sayuran atau tumbuhan seperti daun-daunan, bunga, biji-bijian, serta batang dan tangkai pohon, Gorila juga memakan serangga seperti sejenis rayap dan semut.

Dikenal sebagai hewan yang memiliki kepandaian baik diantara primata lainnya, gorila mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa sandi. Selain memiliki tubuh yang tergolong gemuk, hewan yang beratnya dapat mencapai lebih dari 140kg dengan tinggi tubuh lebih dari 150cm ini termasuk jenis primata yang tidak memiliki ekor.

Klasifikasi ilmiah Gorila > Ordo: Primata > Family: Hominidae > Tribe: Gorillini > Genus: Gorilla (I. Geoffroy, 1852) > Type species: Gorilla gorilla (Savage, 1847) > Species: Gorilla gorilla dan Gorilla beringei.


3. Kera Makaka
Kera Makaka
Gambar Kera Makaka - UOO

Kera Makaka adalah sejenis kera anggota genus macaca yang terdiri dari 25 spesies dan sebagian besarnya berasal dari wilayah tropis Asia, termasuk Indonesia. Genus makaka merupakan salah satu genus yang berasal dari famili cercopithecidae atau lebih dikenal sebagai kelompok monyet dunia lama.

Panjang tubuh Kera Makaka dewasa sekitar 38 hingga 55cm, panjang ekor pada jenis primata ini umumnya melebihi panjang tubuhnya atau sekitar 40-65cm. Rata-rata berat tubuh mereka sekitar 3 hingga 5kg.

Berikut 23 Spesies Makaka:
  1. Barbary macaque atau Macaca sylvanus.
  2. Lion-tailed macaque atau Macaca silenus.
  3. Southern pig-tailed macaque atau Macaca nemestrina.
  4. Northern pig-tailed macaque atau Macaca leonina.
  5. Pagai Island macaque atau Macaca pagensis.
  6. Siberut macaque atau Macaca siberu.
  7. Moor macaque atau Macaca maura.
  8. Booted macaque atau Macaca ochreata.
  9. Tonkean macaque atau Macaca tonkeana.
  10. Heck's macaque atau Macaca hecki.
  11. Gorontalo macaque atau Macaca nigrescens.
  12. Celebes crested macaque atau Macaca nigra.
  13. Crab-eating macaque atau Macaca fascicularis.
  14. Stump-tailed macaque atau Macaca arctoides.
  15. Rhesus macaque atau Macaca mulatta.
  16. Formosan rock macaque atau Macaca cyclopis.
  17. Japanese macaque atau Macaca fuscata.
  18. Toque macaque atau Macaca sinica.
  19. Bonnet macaque atau Macaca radiata.
  20. Assam macaque atau Macaca assamensis.
  21. Tibetan macaque atau Macaca thibetana.
  22. Arunachal macaque atau Macaca munzala.
  23. White-cheeked macaque atau Macaca leucogenys.
Klasifikasi ilmiah Kera Makaka > Ordo: Primata > Suborder: Haplorhini > Infraorder: Simiiformes > Family: Cercopithecidae > Tribe: Papionini > Genus: Macaca (Lacépède, 1799).


4. Lemur
Gambar Lemur Ekor Cingcin
Gambar Lemur Ekor Cingcin - Ipek Kulahci

Lemur adalah hewan primata endemik Madagaskar, Afrika. Dari 6 jenis lemur yang ada pada saat ini di Madagaskar, sebagian hidup di wilayah hutan hujan tropis dan sebagian lagi hidup di gurun kering.

Nama lemur berasal dari bahasa Latin yaitu lemures, yang memiliki arti arwah di malam hari. Hal tersebut terkait dengan matanya yang dapat memantulkan cahaya dikegelapan dengan bunyi suara teriakan yang terdengar nyaringnya di malam hari.

Ciri khas dari lemur adalah terdapat corak seperti cincin berselang-seling warna hitam dan putih pada ekornya, bentuk ekor tersebut cenderung lebih panjang dari panjang tubuhnya. Jika tubuhnya memiliki panjang berkisar 28-56cm, panjang dari ekor lemur antara 28-65cm. Terdapat warna putih pada wajah primata yang beratnya dapat mencapai 4,5kg ini disertai bercak coklat hitam di area sekitar matanya yang berwarna coklat, dan mulutnya berwarna hitam. Sementara rambut pada bagian telinganya berwarna putih, dimana telinganya tersebut mirip dengan telinga kucing.

Klasifikasi ilmiah Lemur > Ordo: Primata > Suborder: Strepsirrhini > Infraorder: Lemuriformes (Gregory, 1915) > Superfamilies: Lemuroidea dan Lorisoidea.


5. Lion Tamarin
Gambar Lion Tamarin
Gambar Primata Lion Tamarin - USPN

Lion Tamarin adalah sejenis primata genus leontopithecus endemik Brazil yang memiliki 4 anggota spesies. Jenis primata yang termasuk kedalam kategori hewan hampir punah ini merupakan hewan pemakan ular, kadal, dan buah-buahan.

Penamaan Lion tamarin atau tamarin singa ini terkait dengan wajahnya yang memiliki bulu rambut menyerupai bentuk wajah atau kepala singa. Rata-rata panjang tubuh lion tamarin dewasa sekitar 30cm dengan ekor 45cm dan bobot tubuhnya sekitar 900 gram. Mereka hidup berkelompok, sesekali sang induk betina akan merawat bayinya yang pada umumnya selalu berada pada punggung induk jantan (digendong).

4 jenis spesies lion tamarin dapat di bedakan dari perpaduan warnanya, antara lain:
  1. Golden lion tamarin atau Leontopithecus rosalia, adalah jenis spesies lion tamarin yang memiliki bulu berwarna keemasan pada seluruh bagian tubuhnya.
  2. Golden-headed lion tamarin atau Leontopithecus chrysomelas, adalah jenis spesies lion tamarin yang memiliki bulu tubuh berwarna hitam kecuali wajah, lengan, dan ekornya berwarna keemasan.
  3. Black lion tamarin atau Leontopithecus chrysopygus, adalah jenis spesies lion tamarin yang memiliki bulu tubuh berwarna hitam di hampir seluruh bagian tubuhnya.
  4. Superagui lion tamarin atau Leontopithecus caissara, adalah jenis spesies lion tamarin yang memiliki bulu tubuh berwarna keemasan kecuali wajah, lengan, dan ekornya yang berwarna hitam.
Klasifikasi ilmiah Lion Tamarin > Ordo: Primata > Family: Callitrichidae > Genus: Leontopithecus (Lesson, 1840) > Type species: Leontopithecus makikina (Lesson, 1840).


6. Orang Utan
Gambar Orang Utan
Gambar Orang Utan - Yayasan Gibbon Indonesia

Orang Utan adalah sejenis kera endemik Pulau Kalimantan dan Sumatera yang memiliki tubuh berbulu cokelat atau kemerahan. Tingkat kemiripan DNA orang utan dengan manusia adalah 96,4%.

Nama Orang utan berasal dari bahasa Melayu yang memiliki makna orang yang hidup di hutan. Primata yang memiliki lengan panjang ini tidak memiliki ekor dan memiliki ukuran tinggi badan rata-rata sekitar 1,20 hingga 1,50cm dengan berat rata-rata sekitar 50-90kg untuk jantan dan 30-50kg untuk betina. Terdapat 2 spesies orang utan yaitu Pongo pygmaeus atau orang utan Kalimantan dan Pongo abelii atau orang utan Sumatera.

Makanan orang utan adalah dedaunan, bunga, kulit pohon, serangga, serta buah-buahan. Selain ular phyton, babi, macan tutul, buaya, dan burung elang, Manusia merupak Predator sekaligus musuh utama dari spesies yang kini berstatus Kritis dalam daftar merah IUCN ini. Demi lahan perkebunan, Manusia sering kali melakukan hal keji terhadap orang utan.

Klasifikasi ilmiah Orang Utan > Ordo: Primata > Famili: Hominidae > Subfamili: Ponginae (Elliot, 1912) > Genus: Pongo (Lacépède, 1799) > Tipe spesies: Simia pygmaeus (Linnaeus, 1760).


7. Santarem Marmoset
Santarem marmoset
Gambar Santarem Marmoset - Nick Gordon

Santarem marmoset adalah sejenis primata yang memiliki hiasan pada kepalanya berupa bulu-bulu jumbai lebat memanjang yang menutupi telinganya. Hewan endemik Brazil ini hidup di habitat hutan hujan dataran rendah.

Wajah santarem marmoset berwarna gelap dengan dahi keabu-abuan dan pada sekitar area mata dan mulut terdapat bercak-bercak kulit berwarna merah muda, serta bulu hias yang memanjang ke samping pada telinga primata ini berwarna keabu-abuan.

Santarem Marmoset termasuk jenis primata yang berukuran kecil dengan ukuran tinggi tegak tidak lebih dari 27cm dan beratnya tidak lebih dari 0,5kg, sementara panjang ekornya berkisar 30 hingga 37cm.

Klasifikasi ilmiah Santarem Marmoset > Ordo: Primata > Family: Callitrichidae > Genus: Mico > Species: M. humeralifer > Binomial name: Mico humeralifer (É. Geoffroy, 1812).


8. Silvery Marmoset
Gambar Marmoset Silver
Gambar Marmoset Silver - Rich Wren

Silvery Marmoset adalah sejenis primada kelompok monyet Dunia Baru yang hidup di Hutan Hujan Amazon timur di Brasil. Primata yang hampir seluruh tubuhnya berwarna putih keperakan dengan ekor gelap ini merupakan hewan yang banyak diburu oleh manusia untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Jenis primata yang telinganya tidak memiliki bulu ini melikiki ukuran rata-rata sekitar 18 hingga 28cm dan berat tubuh berkisar antara 300 hingga 400 gram.

Makanan utama silvery marmoset adalah getah pohon. Nmaun terkadang mereka juga memakan telur buah-buahan, serangga, telur burung, dan vertebrata kecil.

Silvery marmoset juga merupakan jenis primata yang hidupnya berkelompok dan memiliki wilayah kekuasaan yang dibatasi oleh bau dari Kelenjar scent. Mereka lebih menyukai hidup di atas pohon, dan dengan memiliki cakar khusus yang dapat mempermudah mereka untuk memanjat pohon.

Klasifikasi ilmiah Silvery Marmoset > Ordo: Primata > Family: Callitrichidae > Genus: Mico > Species: M. argentatus > Binomial name: Mico argentatus (Linnaeus, 1766).


9. Simpanse
Gambar Simpanse
Gambar Simpanse - Sciencing

Simpanse adalah nama sebutan bagi 2 jenis spesies primata dari genus Pan, yakni:
  1. Pan troglodytes atau simpanse biasa, yaitu jenis spesies simpanse yang hidup di Afrika Barat dan Afrika Tengah.
  2. Pan paniscus atau disebut dengan nama bonobo, yaitu spesies simpanse yang menghuni hutan di Republik Demokrasi Kongo.
Simpanse merupakan hewan genus Pan yang terpisah menjadi 2 jenis spesies pada sekitar 1 juta tahun lalu. 94% DNA simpanse identik dengan DNA yang dimiliki oleh Manusia. Saat berdiri, pada umunya simpanse dewasa memiliki tinggi sekitar 1.7 meter dengan berat tubuh sekitar 70kg, dan mereka hidup hingga usia sekitar 40 tahun.

Cara berkomunikasi simpanse dengan cara berkomunikasi Manusia secara non-verbal memiliki kesamaan, yaitu dengan menggunakan vokalisasi, gestur tangan, serta ekspresi wajah. Simpanse juga memiliki rasa empati terhadap sesamanya terutama dalam kelompok, dan mereka juga termasuk hewan yang diketahui selalu menggunakan alat terutama dalam mencari makanannya. Seperti batu untuk melumpuhkan musuh atau membelah dan memecahkan sesuatu, tongkat besar untuk menggali, dan ranting kecil untuk memancing rayap yang menjadi makanannya.

Klasifikasi ilmiah Simpanse > Ordo: Primata > Family: Hominidae > Subfamily: Homininae > Tribe: Hominini > Subtribe: Panina > Genus: Pan (Oken, 1816).


10. Ungka
Ungka Tangan Putih
Gambar Ungka Tangan Putih - Zulkifli Ishak

Ungka adalah sejenis kera yang ada dalam 4 genus (Hylobates, Hoolock, Nomascus, dan Symphalangus) yang hidup di hutan hujan tropis dan subtropis wilayah Indonesia, Asia Tenggara hingga Cina bagian selatan. Diantara jenis primata lainnya ungka merupakan hewan yang paling cepat dan lincah, terutama ketika berada diatas pohon.

Hewan yang kerap berayun dari cabang pohon satu ke cabang pohon lainnya ini berukuran tubuh tergolong kecil dan ramping dengan bentuk kepala cenderung bulat, serta berlengan panjang. Primata yang memiliki jari-jari tangan panjang kecuali jempolnya yang pendek ini memiliki bulu-bulu tebal, halus yang berwarna kecokelat menutupi hampir seluruh bagian tubuhnya, kecuali wajah, telapak tangan, telapak kaki, dan ketiaknya. Meski pun memiliki ukuran Rahang yang kecil, namun ungka memiliki gigi taring yang tajam.

Makanan dari hewan yang memiliki keahlian berayun hingga sejauh 15m dengan kecepatan 35 mil/jam ini adalah buah-buahan, tunas muda, daun, bunga, biji-bijian, serangga, hingga telur. Selain lincah dan pandai berayun, ungka juga terkenal akan keseimbangan tubuhnya pada saat di atas pohon.

Klasifikasi ilmiah Ungka > Ordo: Primata > Superfamili: Hominoidea > Famili: Hylobatidae (Gray, 1870).