Skip to main content

Archeopteryx.. Nenek Moyang Burung Yang Ditemukan Di Jerman

Archaeopteryx adalah jenis burung primitif atau paling awal yang pernah teridentifikasi atau diketahui. Fosil dari burung yang hidup pada Periode Jura sekitar 155–150 juta tahun lalu di wilayah Jerman selatan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1861 di Jerman.

Archeopteryx.. Nenek Moyang Burung Yang Ditemukan Di Jerman

Nama Archaeopteryx berasal dari Bahasa Yunani Kuno, yaitu archaios yang berarti kuno dan pteryx yang bearti bulu unggas atau sayap. Dalam Bahasa Jerman dikenal sebagai Urvogel, yang memiliki arti burung pertama atau burung yang asli.

Para Ilmuwan sempat dibuat bingung dengan penemuan burung yang bulunya mirip dengan bulu burung elang ini sebelum akhirnya Charles Darwin mempublikasikan temuan tersebut dalam jurnal On The Origin of Species. Archaeopteryx memiliki gigi dan cakar mirip dengan dinosaurus, dan membuktikan teori Darwin dalam jurnal tersebut yang menyatakan bahwa dinosaurus merupakan cikal bakal burung, dan Archaeopteryx adalah transisi dari dinosaurus menjadi burung. Oleh sebab itu banyak orang mempercayai bahwa Archaeopteryx adalah binatang atau hewan generasi pertama yang mampu melakukan terbang.

Klasifikasi ilmiah
KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoArchaeopterygiform
FamiliArchaeopterygidae
GenusArchaeopteryx (Meyer, 1861)
SpesiesA. lithographica (Meyer, 1861)
Archaeopteryx diperkirakan sebesar burung gagak, bobot maksimal tubuhnya sekitar 1,8kg dengan ukuran panjang tubuh dapat mencapai hingga 50cm, serta memiliki sayap lebar yang membulat di ujung dan memiliki ekor yang lebih panjang dari ukuran tubuhnya. Berbulu mirip strukturnya dengan bulu burung modern, hewan yang lebih memiliki karakteristik dinosaurus theropoda ini tidak sepenuhnya seperti burung modern, Archaeopteryx bergigi kecil dan memiliki tulang ekor lebih panjang dibanding yang dimiliki burung pada umumnya.
Gambar burung Archeopteryx
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar