Skip to main content

9 Jenis Ikan Oscar Terbaik Di Dunia

Ikan Oscar atau Astronotus ocellatus adalah spesies ikan dari keluarga cichlid yang berasal dari kawasan Amerika selatan. Spesies ikan yang juga diperjualbelikan sebagai ikan konsumsi di Amerika selatan ini telah diperkenalkan ke daerah lain, termasuk Cina, Australia, dan Amerika Serikat. Di Eropa serta negara-negara lainnya di dunia, Ikan Oscar dijadikan sebagai ikan hias yang dipelihara didalam Aquarium.

9 Jenis Ikan Oscar Terbaik Di Dunia

Ikan Oscar dapat tumbuh hingga sekitar 45cm atau 18 inci dengan berat 1,6 kilogram. Ciri khas dari spesies liar ikan yang mampu mengubah warna dengan cepat ini pada umumnya berwarna gelap dengan bercak kuning atau oselus pada batang ekor dan pada sirip dorsal, serta memiliki sifat yang memfasilitasi perilaku teritorial dan berperilaku ritual di antara lainnya. Perbadaan Oscar remaja dan Oscar dewasa terlihat dari garis-garis serta varian warnanya.

Ikan hias yang banyak digemari di Amerika serikat dan Eropa ini berasal dari Peru, Ekuador, Kolombia, Brasil, dan Guyana Prancis, juga banyak dijumpai di lembah Sungai Amazon, sepanjang Amazon, Içá, Solimões, Negro, dan sistem Sungai Ucayali, dan juga di sungai Approuague dan sungai Oyapock River. Habitat atau lingkungan alam ikan oscar lebih menyukai perairan sungai yang bergerak lambat yang terdapat cabang pohon yang terendam. Intoleransi suhu air dingin yang dapat mengancam hidup ikan pemakan udang, cacing, dan serangga ini adalah 12,9°C (55,22°F).

Memiliki banyak varian warna, ikan oscar termasuk ikan hias yang laris dipasaran ikan hias. Bernilai ekonomi tinggi dengan harga ikan oscar yang tergolong mahal bagi ukuran ikan hias air tawar pada umumnya membuat banyak peternak ikan membudidayakan ikan yang memiliki beberapa macam jenis yang dibedakan oleh para penggemar ikan oscar. Berikut 9 jenis ikan oscar terbaik.


1. Oscar Albino
Ikan Oscar Albino

Ciri khas ikan jenis albino terdapat pada warna dasar tubuhnya yang berwarna putih khas genetik albino yang berpadu dengan warna merah ke-emasan. Selain faktor keindahan dari perpaduan warnanya, sulitnya perkembangbiakan ikan oscar albino di penangkaran membuat ikan ini susah untuk didapatkan dan membuat ikan langka ini memiliki harga paling tinggi dibandingkan dengan jenis lainnya.


2. Oscar Batik
Ikan Oscar Batik

Sesuai dengan namanya, ikan hias oscar jenis batik memiliki varian corak warna khas corak batik. Dengan warna dasar hitam dan warna corak merah ke kuning menyala, jenis ikan oscar ini lebih mirip dengan jenis oscar tiger.


3. Oscar Gold / Emas
Ikan Oscar Gold

Meski pada umumnya tidak memiliki warna emas di keseluruhan tubuhnya, namun setidaknya warna emas atau kuning keemasan tersebut mendominasi tubuhnya yang berwarna dasar gelap dan biasanya ujung sirip penggungnya transparan keputihan. Ikan hias oscar gold atau emas ini juga seringkali disebut dengan nama Golden Oscar.


4. Oscar Black / Hitam
Ikan Oscar Hitam

Sesuai dengan namanya, pada tubuh ikan hias oscar hitam di dominasi oleh warna hitam pekat. Keturunan dari ikan hias oscar jenis tiger yang memiliki kelainan genetik ini tergolong jenis ikan oscar langka. Meski demikian faktor monoton pada warna tersebut membuat ikan oscar jenis ini dibandrol dengan harga murah dipasaran.


5. Oscar Lemon
Ikan Oscar Lemon

Sesuai dengan namanya, ikan lemon memiliki warna tubuh mirip dengan warna buah melon yaitu kuning cerah. Warna kuning melon tersebut mendominasi hampir diseluruh bagian tubuhnya dengan ujung sirip punggungnya berwarna transparan keputihan.


6. Oscar Red / Merah
Ikan Oscar Red / Merah

Ikan hias Oscar red merupakan jenis ikan oscar yang termasuk paling banyak dipelihara. Memiliki warna tubuh merah terang dihampir seluruh bagian tubunya, jenis ikan oscar yang dapat tumbuh lebih dari besar dari jenis lainnya ini memiliki bandrol harga yang relatif murah namun memiliki pesona ikan hias yang sangat kendal dan termasuk jenis ikan oscar yang memiliki daya tahan tubuh yang baik.


7. Oscar Veil Tail / Slayer
Oscar Veil Tail / Slayer

Oscar Veil Tail Fish atau Oscar Slayer adalah jenis ikan hias oscar yang memiliki sirip-sirip terutama ekor yang panjang menyerupai selendang. Meski bentuk sirip-sirip dan ekornya tersebut oleh sebab kelainan genetik, namun hal tersebut menambah keunikan ikan tersebut.


8. Oscar Tiger
Oscar Tiger

Jenis ikan Oscar Tiger adalah jenis ikan oscar alami atau tidak melalui kawin silang yang memiliki warna kental khas ikan hias. Perpaduan warna dasar gelap dengan corak bercak terang kemerahan atau oranye menghasilkan suatu keindahan alami, di ikuti oleh karakteristiknya yang tergolong agresif dibandingkan dengan jenis ikan oscar lainnya.


9. Oscar Wild
Ikan Oscar Wild

Oscar Wild adalah jenis ikan oscar liar yang hidup di habitatnya. Pada umumnya disetiap lokasi populasinya, ikan oscar wild memiliki perbedaan corak dan varian warnanya. Oscar wild Argentina, Oscar wild Brazil, dan Oscar wild Florida merupakan sebagian jenis ikan oscar wild yang banyak dipelihara juga didalam aquarium.


Klasifikasi Ilmiah Ikan Oscar
KingdomAnimalia
PhylumChordata
ClassActinopterygii
OrderCichliformes
FamilyCichlidae
GenusAstronotus
SpeciesA. ocellatus
Binomial nameAstronotus ocellatus(Agassiz, 1831)
Ikan Oscar dianggap sebagai monomorfik seksual dan mencapai kematangan seksual sekitar usia satu tahun yang dapat terus bereproduksi selama 9-10 tahun. Meski telah banyak dibudidayakan oleh para peternak, di alam liar ikan yang dapat bertelur hingga 3000 butir ini pada umumnya memijah atau perkawinan terjadi pada musim hujan.
Tag: Harga ikan oscar, Gambar ikan oscar, Ikan hias oscar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar