Skip to main content

9 BURUNG LOVEBIRD

Love Bird atau Burung Cinta atau Agapornis adalah spesies-spesies burung dari genus Agapornis, keluarga Psittaculidae yang berjumlah 9 spesies, 8 spesies diantaranya berasal dari Benua Afrika dan satu spesies dari Madagaskar.

Gambar BURUNG LOVEBIRD.. [ Artikel lengkap ]

Agapornis berasal dari bahasa Yunani, yaitu agape yang berarti cinta dan ornis yang berarti burung. Nama tersebut terkait dengan sifatnya yang monogami serta kelakuan ketika berpasangan akan duduk berdekatan dan seperti saling menyayangi satu sama lain. Burung-burung yang berukuran kecil sekitar 13cm hingga 17cm ini dapat hidup hingga 10 - 15 tahun.

Klasifikasi ilmiah
KingdomAnimalia
PhylumChordata
ClassAves
OrderPsittaciformes
FamilyPsittaculidae
SubfamilyAgapornithinae
GenusAgapornis (Selby, 1836)
Berikut 9 Spesies Lovebird:

1. Black-Masked Lovebird
Gambar
Nama SpeciesA. personatus
Nama BinomialAgapornis personatus (Reichenow, 1887)
Black-Masked Lovebird atau Yellow-collared lovebird atau Eye ring lovebird adalah jenis spesies burung lovebird yang berasal dari timur laut Tanzania namun kini telah diperkenalkan hingga Burundi dan Kenya. Burung yang berukuran panjang sekitar 14,5cm atau 5,5 inci ini berkepala warna hitam, bagian atas tubuhnya berwarna hijau gelap, serta memiliki paruh yang berwarna merah dan putih terang, dan memiliki warna kuning dari dada hingga sebagian besar lehernya.


2. Fischer's Lovebird
Gambar
Nama SpeciesA. fischeri
Nama BinomialAgapornis fischeri (Reichenow, 1887)
Fischer's Lovebird adalah jenis burung lovebird yang berasal dari daerah kecil Afrika di sekitar danau Victoria di Tanzania utara. Pada saat musim kering mereka bermigrasi ke barat ke Rwanda dan Burundi. Burung yang menyukai hidup di rumpun pohon yang terisolasi ini memiliki kecepatan terbang yang sangat baik dan suara sayapnya seringkali terdengar ketika mereka terbang. Makanan Fischer's Lovebird adalah biji-bijian serta buah-buah. Terkadang mereka pun menjadi hama bagi para petani, karena kerap memakan tanaman seperti jagung dan millet.


3. Lilian's Lovebird
Gambar
Nama SpeciesA. lilianae
Nama BinomialAgapornis lilianae (Shelley, 1896)
Lilian's Lovebird atau Nyasa lovebird adalah spesies burung lovebird terkecil dengan panjang tubuh sekitar 13cm atau 5 inci. Burung endemik Malawi, Mozambique, Tanzania, Zambia, dan Zimbabwe berwarna hijau dan terdapat warna oranye di bagian atas dada hingga kepalanya. Burung pemakan rumput, padi, millet, bunga, biji-bijian, dan buah-buahan ini termasuk jenis burung yang sulit untuk berkembang biak di penakaran. Pada umunya induk betina Lilian's Lovebird akan mengerami telurnya selama 22 hari dan setelah anaknya berusia 44 hari, anak burung tersebut akan meninggalkan sarangnya.


4. Black-cheeked Lovebird
Gambar
Nama SpeciesA. nigrigenis
Nama BinomialAgapornis nigrigenis (Sclater,WL, 1906)
Black-cheeked Lovebird adalah salah satu spesies burung kakaktua kecil dari genus lovebird. Burung lovebird yang berkepala coklat dengan paruh berwarna merah, dan lingkar mata berwarna putih berasal dari wilayah Zambia. Memiliki panjang tubuh sekitar 14cm atau 5.5 in, burung yang mirip dengan spesies Lilian's Lovebird ini telah masuk daftar merah IUCN sebagai spesies yang rawan punah akibat hilangnya habitat. Saat bermigrasi pada musim kering, biasanya mereka akan berkelompok dengan jumlah anggota sekitar 800 ekor.


5. Peach-faced Lovebird
Gambar
Nama SpeciesA. roseicollis
Nama BinomialAgapornis roseicollis (Vieillot, 1818)
Peach-faced lovebird atau Rosy-faced lovebird atau Rosy-collared adalah burung lovebird terpopuler yang berasal dari kawasan kering Afrika seperti Gurun Namib. Meski dimikian kebiasaan khas mereka adalah sering melakukan aktifitas makan dan mandi. Burung yang berkicau keras ini termasuk hewan sosial yang sering berkumpul dalam kelompok kecil di alam liar. Spesies Lovebirds ini dikenal selalu berdampingan ketika tidur dengan mengarahkan wajahnya ke arah satu sama lain. Burung yang memiliki panjang tubuh sekitar 16cm ini terbagi menjadi 2 jenis subspesies, yaitu Agapornis roseicollis catumbella (B.P. Hall, 1952) endemik Angola dan Agapornis roseicollis roseicollis (Vieillot 1818) endemik Namibia, Botswana, dan Afrika selatan.


6. Black-winged Lovebird
Gambar
Nama SpeciesA. taranta
Nama BinomialAgapornis taranta (Stanley, 1814)
Black-winged Lovebird atau Abyssinian lovebird adalah salah satu spesies burung lovebird terbesar yang berasal dari Eritrea dan Ethiopia. Spesies burung lovebird yang memakan Biji bunga matahari, jagung, apel, dan lainnya ini termasuk jenis spesies burung lovebird yang tidak cukup baik apabila dijadikan sebagai hewan peliharaan. Baik Black-winged Lovebird jantan maupun betina berwarna hijau, namun hanya jantan dewasa yang memiliki warna merah di dahi dengan cincin bulu berwarna merah di sekitar matanya.


7. Red-faced Lovebird
Gambar
Nama SpeciesA. pullarius
Nama BinomialAgapornis pullarius (Linnaeus, 1758)
Red-faced Lovebird atau red-faced lovebird adalah spesies burung lovebird yang dapat ditemukan dibanyak tempat di benua Afrika, seperti Angola, Burundi, Chad, Demokratik Kongo, Etiopia, Gabon, Ghana, Guinea, Kenya, Kamerun, Mali, Niger, Nigeria, Republik Guinea Khatulistiwa, Rwanda, Sierra Leone, Sudan Selatan , Tanzania, Togo, serta Uganda, dan telah diperkenalkan di Liberia. Spesies burung yang berukuran rata-rata sekitar 15cm atau 6 inci ini memiliki area merah di kepalanya yang memanjang dari bagian atas paruh, atas dahi hingga mahkota begian tengah yang melebar hingga tepi kelopak mata. Bagian bawah sayap Red-faced Lovebird berwarna hijau terang. Sedangkan betina Red-faced Lovebird memiliki kepala berwarna oranye, namun tidak sepekat warna jantan. Begitu pun dengan paruh mereka, yang dimiliki betina berwarna merah pucat.


8. Madagascar Lovebird
Gambar
Nama SpeciesA. canus
Nama BinomialAgapornis canus (Gmelin, 1788)
Madagascar Lovebird atau Grey-headed lovebird adalah salah satu spesies burung lovebird yang terkecil endemik Madagaskar. Spesies burung yang berukuran 13cm ini memiliki tubuh berwarna hijau khas genus lovebird, namun sebagian kecil tubuhnya bagian atas hingga leher dan kepalanya berwarna putih. Karena memiliki toleransi yang buruk pada cuaca dingin, spesies burung yang cenderung gugup dan mudah takut apabila berada disangkarnya ini lebih suka berkembang biak pada musim gugur di alam liarnya.


9. Swindern's Lovebird
Gambar
Nama SpeciesA. swindernianus
Nama BinomialAgapornis swindernianus (Kuhl, 1820)
Swindern's Lovebird atau Black-collared lovebird adalah spesies burung kecil Afrika genus lovebird yang memiliki panjang tubuh sekitar 13,5cm. Sebagian besar tubuhnya berwarna hijau dengan dada berwarna merah kecoklatan, beriris kuning dan kakinya berwarna abu-abu. Burung yang dikenal pemalu dan sering bersembunyi di kanopi hutan ini berasal dari hutan di Kamerun, Republik Afrika Tengah, Pantai Gading, Republik Kongo, Republik Demokratik Kongo, Gabon, Ghana, Guinea Ekuatorial, Liberia dan Uganda. Terdapat 3 subspesies dari Swindern's Lovebird, antara lain A. s. swindernianus, A. s. zenkeri, dan A. s. emini.

Artikel / Gambar Burung Lainnya:
Artikel Burung Lovebird, Gambar Burung Lovebird

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar