KELINCI (Rabbit) || Jenis Ras

Kelinci adalah binatang yang banyak dikenal sebagai hewan peliharaan pemakan sayuran atau tumbuhan (herbivora). Asal usul hewan yang dianggap lucu dan imut ini merupakan hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa. Pada tahun 1912 hewan tersebut diklasifikasikan kedalam ordo Lagomorpha. Ordo ini dibedakan menjadi dua famili atau keluarga satwa, yaitu keluarga Ochtonidae (jenis pika yang pandai bersiul) dan Leporidae yang merupakan keluarga Kelinci yang kita kenal saat ini.

Kelinci berkembangbiak dengan cara vivipar atau beranak. Asal kata kelinci (bahasa Indonesia) berasal dari bahasa Belanda, yaitu konijntje yang berarti anak kelinci. Indonesia sendiri memiliki satu spesies endemik, yaitu Nesolagus netscheri yang ditemukan pada tahun 1972 di Sumatera. Sememtara jenis kelinci terbasar di dunia yaitu Continental giant, kelinci ini dapat tumbuh hingga 132cm dengan berat tubuh hingga 22kg. Pada umumnya kelinci Continental giant merupakan jenis kelinci pedaging atau hewan konsumsi yang dimakan oleh manusia.

KELINCI (Rabbit) || Jenis Ras

Kelinci terbagi menjadi beberapa jenis menurut rasnya antara lain Angora, American Chinchilla, English Spot, Dutch, Himalayan, Lyon, dan lain-lain. Ras Lyon adalah jenis kelinci hasil dari kawin silang yang dilakukan peternak antara kelinci Angora dengan ras lainnya. Sementara dari jenis bulunya, kelinci ini terdiri dari jenis kelinci berbulu pendek dan kelinci berbulu panjang berwarna kekuningan yang dapat berubah menjadi kelabu disaat musim dingin.

Bayi kelinci di kandang

Kelinci mungkin tampak seperti krepuskular, tetapi kecenderungan alami mereka mengarah pada aktivitas nokturnal. Lama tidur rata-rata kelinci di penangkaran sekitar 8,4 jam per hari. Pada umumnya kelinci sering tidur dengan mata terbuka, sehingga jika ada gerakan tiba-tiba akan membangunkan kelinci untuk merespons potensi bahaya. Habitat kelinci adalah di padang rumput, hutan, padang rumput, gurun dan lahan basah. Spesies paling terkenal dari hewan yang hidup berkelompok ini adalah kelinci Eropa, merupakan spesies kelinci yang hidup di liang bawah tanah. Terdapat lebih dari setengah populasi kelinci dunia berada di Amerika Utara. Meraka bersal dari Eropa barat daya, Asia Tenggara, Sumatra, beberapa pulau Jepang, dan di beberapa bagian Afrika serta Amerika Selatan.

Klasifikasi ilmiah
KingdomAnimalia
SuperfilumChordata
FilumVertebrata
KelasMammalia
OrdoLagomorpha
FamiliLeporidae