Skip to main content

Ikan Arapaima Merupakan Ikan Air Tawar Terbesar

Ikan Arapaima adalah jenis ikan air tawar terbesar di dunia yang dapat tumbuh hingga panjang 4 meter dengan berat sekitar 200 kilogram. Ikan yang bersifat berbahaya dan invasif ini bersal dari perairan daerah tropis Amerika Selatan, khususnya sungai Amazon.

Ikan yang juga sering disebut paiche atau Arapaima gigas ini memiliki tubuh ramping dengan sirip punggung dan sirip dubur yang memanjang hingga ekor. Pada umumnya ikan Arapaima memiliki tubuh berwarna abu-abu hingga abu-abu-hijau. Di Brasil ikan ini disebut dengan nama pirarucu, yang memiliki arti ikan merah, mengacu pada bintik-bintik merah pada sisik ke arah ekor atau warna oranye kemerahan daging filleted.

Ikan Arapaima Merupakan Ikan Air Tawar Terbesar

Ikan Arapaima berasal dari cekungan Sungai Amazon sekitar negara Brasil, Guyana dan Peru, namun telah menyebar ke babarapa titik di Asia dengan cara disengaja (memancing) maupun tidak sengaja.

Spesies Ikan yang memiliki kemampuan untuk menghirup udara ini 5 hingga 15 menit akan muncul kepermukaan air untuk menelan udara (oksigen). Pada umumnya pemijahan atau berkembang biaknya ikan Arapaima ini terjadi pada bulan Agustus hingga Maret. Telur-telur akan diletakkan di sarang dibuat oleh kedua iduk, namun induk jantan akan tetap bersama atau melindungi mereka untuk jangka waktu sekitar tiga bulan. Ikan Arapaima mencapai kematangan seksual pada usia 4 hingga 5 tahun. Selain seringkali dijadikan ikan atau hewan peliharaan, ikan yang dapat hidup hingga usia 20 tahun ini juga menjadi hewan atau ikan konsumsi bagi manusia.

Meskipun belum masuk kedalam status hampir punah IUCN, namun pemerintah Brasil telah menjadikan ikan Arapaima sebagai hewan yang dilindungi sejak tahun 2001. Di Indonesia ikan Arapaima dimasukan kedalam jenis ikan predator yang dapat mengancam ekosistem ikan lokal, sehingga barang siapa yang memelihara ikan Arapaima bakal dijerat hukuman penjara maksimal 6 tahun serta denda hingga Rp 2 miliar.

Klasifikasi ilmiah
KingdomAnimalia
PhylumChordata
ClassActinopterygii
OrderOsteoglossiformes
FamilyOsteoglossidae
GenusArapaima
SpeciesA. gigas
Binomial nameArapaima gigas (Schinz, 1822)
Synonyms Sudis gigas (Schinz, 1822)
Sudis gigas (G. Cuvier, 1829)
Arapaima gigas (G. Cuvier, 1829)
Sudis pirarucu (Spix & Agassiz, 1829)
Vastres mapae (Valenciennes, 1847)
Vastres cuvieri (Valenciennes, 1847)
Vastres agassizii (Valenciennes, 1847)
Vastres arapaima (Valenciennes, 1847)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar