Skip to main content

Hamster Dan Macam Jenisnya

Hamster adalah sejenis hewan pengerat kecil yang berasal dari subfamili Cricetinae, terdapat sekitar 18 spesies dalam 7 genus dan hampir ada di tiap negara diseluruh dunia. Dengan image lucu-nya membuat binatang yang memiliki panjang tubuh sekitar 5 hingga 35cm (tergantung spesiesnya) ini dijadikan sebagai hewan peliharaan oleh para penggemar atau penyuka hewan terutama kalangan anak kecil.


Ciri / Deskripsi
Ciri fisik dari hewan nokturnal yang terkadang aktif pada awal pagi hari atau akhir sore ini memiliki ekor yang lebih pendek dari badannya dan memiliki telinga berambut. Hewan penggali ini juga memiliki rambut yang tebal dan panjang dengan banyak varian warna seperti hitam, abu-abu, putih, cokelat, kuning, dan merah (tergantung spesiesnya). Hamster peliharaan dapat hidup maksimal hingga usia 3,5 tahun, namun tergantung jenis spesiesnya.

Hamster Dan Macam Jenisnya - Lucu


Habitat dan makanan
Di utara habitat hamster dikawasan Eropa tengah hingga Siberia, Mongolia, dan Tiongkok utara sampai Korea. Sementara di selatan di negara Suriah hingga Pakistan. Mereka hidup di perbatasan padang pasir, bukit pasir yang divegetasi, bukit di kaki gunung dan dataran rendah yang bersemak-semak dan berbatu, padang rumput yang luas, sungai di lembah, dan ladang tanam. Makanan utama dari Binatang Omnivora ini pada umumnya ialah butir padi, buah segar, tumbuhan, akar, invertebrata, serta beberapa binatang kecil lainnya seperti belalang. Namun bila dijadikan hewan peliharaan baiknya kita memberikan makanan berupa biji-bijian segar.


Reproduksi
Hamster melakukan pembuahan pada usia 1 bulan hingga 3 bulan. Pada umumnya musim pengembangbiakan terjadi di bulan April hingga Oktober, biasanya jumlah kelahirannya sekitar 1-13 anak dalam periode gestasi selama 13 sampai 22 hari. Namun rentan masa dalam berkembang biaknya hamster bergantung pada jenis spesiesnya. Pada saat hamster betina hamil, induk membangun sarang untuk anak-anaknya nanti. Bayi hamster tidak berambut, mata mereka tertutup dan sangat kecil. Setelah 1 minggu, mereka mulai berkeliling sarang mereka dan melakukan aktivitas makan. Baru setelah 3 minggu, anak-anak tersebut pada umumnya meninggalkan sarangnya.


Klasifikasi ilmiah
KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasMammalia
OrdoRodentia
SubordoMyomorpha
SuperfamiliMuroidea
FamiliCricetidae
SubfamiliCricetinae (Fischer de Waldheim, 1817)
GeneraMesocricetus
Phodopus
Cricetus
Cricetulus
Allocricetulus
Cansumys
Tscherskia


Hamster kerdil bergaris
Hamster kerdil bergaris

Hamster Kerdil Bergaris atau Cricetulus barabensis yang juga dikenal sebagai Hamster Tiongkok Bergaris merupakan salah satu spesies hamster yang berasal dari kawasan Asia utara, sepanjang Siberia selatan, Mongolia dan Tiongkok timur laut hingga Korea Utara. Hamster kerdil bergaris yang sudah dewasa memiliki berat sebesar 16.7 hingga 31gr dengan panjang tubuh sekitar 7.5 hingga 10cm dengan panjang sekitar ekor 2 sampai 3cm.


Hamster Roborovski
Hamster terkecil Roborovski

Hamster Roborovskis atau Phodopus roborovskii adalah spesies hamster yang berasal dari genus Phodopus dan merupakan jenis hamster terkecil dan tercepat di dunia. Hamster yang menjadi hamster peliharaan paling banyak digemari dibandingkan jenis hamster lainnya ini berasal dari Gurun Gobi, padang pasir Mongolia dan Tiongkok utara. Kebiasaan mereka menggali lubang sepanjang 60 sampai 200 sentimeter dan banyak menghabiskan waktunya didalam lubang tersebut. Hamster yang bersifat agresif dan penakut ini dapat hidup hingga 3 tahun.


Hamster Eropa
Hamster Eropa

Hamster Eropa atau Cricetus cricetus adalah spesies hamster yang habitatnya berada di benua Eropa. Jenis hamster yang hidup di padang rumput dan kebun ini ditemukan di wilayah negara Belgia, Rusia, Rumania, dan Elsas. Hamster yang memiliki tubuh lebih besar dari pada jenis hamster kerdil ini telah banyak dikembangbiakan di peternakan dan biasanya dipelihara sebagai binatang peliharaan.


Hamster termasuk hewan peliharaan yang sangat mudah dipelihara karena ukuran tubuhnya yang kecil maka untuk memelihara hewan ini tidak memerlukan tempat atau kandang yang besar. Di toko pet banyak menyediakan atau menjual kandang untuk memelihara hamster yang terbuat dari bahan ringan seperti plastik. Biasanya dalam kandang tersebut telah disediakan roda putar untuk hamster berlari-lari dalam lingkaran roda tersebut.
Artikel hamster, Gambar hamster, Foto hamster.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar