Skip to main content

KANGURU Dan Kerabat

Kangguru atau Kanguru adalah spesies hewan mamalia dari keluarga Macropodidae yang memiliki ciri khas yaitu kantung di bagian perutnya (marsupialia). Hewan khas Australia ini dengan kedua kakinya yang kuat dapat berlari dengan cara melompat dengan kecepatan 70 km/jam.

Berawal dari sebuah pertanyaan seorang pelaut Inggris yang mendarat di Australia kepada orang suku Aborigin yang merupakan suku asli Australia setelah memihat ke unikan hewan tersebut. Ketika sang Pelaut menanyakan hewan apa itu?, seorang dari suku Aborigin tersebut menjawab "Kang-Ga-Roo", maksud dari seorang suku Aborigin tersebut, atau arti dari Kang Ga Roo adalah "Saya tidak mengerti", di maksudkan dia tidak mengerti apa yang diucapkan pelaut asing tersebut. Namun sang pelaut menanggapinya bahwa Kang Ga Roo adalah nama jenis hewan tersebut.

KANGGURU, Hewan Unik Khas Benua Australia

Kanguru merupakan spesies terbesar dari keluarga Macropodidae dan yang terkecil umumnya disebut Walabi, sedangkan Wallaroos mengacu pada spesies ukuran sedang, selain itu ada juga jenis kanguru pohon yang mendiami hutan hujan tropis New Guinea, Queensland timur laut jauh dan beberapa pulau di sekitar wilayah tersebut. Berikut Kanguru dan sejenisnya dari keluarga Macropodidae. 

Kanguru
Kanguru
  1. Kanguru Merah merupakan hewan marsupial terbesar yang saat ini masih hidup. Dengan posisi berdiri tegak tingginya bisa mencapai lebih dari 2 meter dengan berat mencapai sekitar 90 kg. Kanguru jenis ini biasanya bergerak dalam kelompok besar. Jenis kanguru yang terbiasa tidur pada siang hari ini hanya akan berkembangbiak ketika ada hujan dan tumbuhnya tanaman baru.

  2. Kanguru Abu-abu Timur merupakan jenis kanguru yang hidup dan mendiami wilayah Australia bagian timur yang terkenal sebagai daerah subur.

  3. Kanguru Abu-abu Barat merupakan jenis dari kanguru yang terdapat di Australia bagian barat dan Australia bagian selatan yang dekat dengan pantai dan basin Sungai Darling. Kanguru yang hidup di daerah berumput atau di hutan-hutan eukaliptus yang terbuka ini memiliki populasi yang tinggi.

Kanguru Pohon
Kanguru Pohon

Kangguru pohon adalah suatu hewan makropod yang beradaptasi di lingkungan di atas pohon. Hewan yang sebagian besar hidup di kawasan pegunungan ini tersebar di wilayah Australia, Queensland, Papua, serta pulau-pulau terdekat. Kangguru pohon memiliki variasi warna bulu dan ukuran yang berbeda tergantung spesiesnya yang berjumlah 12 spesies. Ukuran kepala dan panjang tubuhnya dari 41 hingga 77cm atau 16 hingga 30 in, untuk panjang ekor mereka mulai dari panjang 40 hingga 87cm atau 16 to 34 in, sedangkan berat tubuhnya dapat mencapai 145 kilograms. Ukuran betina dari hewan yang terancam punah akibat kehilangan habitat dan perburuan ilegal ini lebih kecil dari jantan.

Walabi
Walabi

Walabi yang juga dikanal sebagai pademelon atau dorcopsises adalah kerabat kanguru dari keluarga Macropodidae yang memiliki ukuran tubuh kecil. Nama walabi manucul dari Suku Aborogin Eora yang merupakan penghuni asli daerah Sydney. Hewan yang dapat ditemukan di wilayah Australia, Papua dan Selandia Baru ini memiliki 11 spesies. Ukuran tubuh Walabi sekitar 45 hingga 105cm dengan panjang ekornya sekitar 33 hingga 75cm. Nama hewan yang saat mudanya dikenaal sebagai joey ini berasal dari suku Aborogin Eora yang merupakan penghuni asli daerah Sydney.

Wallaroo
Wallaroo

Wallaroo adalah salah satu dari tiga spesies yang berhubungan erat dengan makropoda besar, ukurannya tubuhnya pertengahan antara kanguru dan walabi. Dari 4 subspesies Wallaroo, Wallaroo hitam (Macropus bernardus) yang menempati area yang curam atau tanah berbatu di Arnhem Land merupakan subspesies yang memiliki ukuran tubuh terkecil di bandingkan subspesies Wallaroo lainnya. Panjang tubuh Wallaroo hitam sekitar 60 hingga 70cm, berat tubuh jantan sekitar 19 hingga 22kg, sedangkan betina sekitar 13 kg. Kata "wallaroo" berasal dari Dharug walaru.


Klasifikasi ilmiah
KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasMammalia
SubkelasMarsupialia
OrdoDiprotodontia
SubordoMacropodiformes
FamiliMacropodidae
GenusMacropus
SpesiesMacropus rufus
Macropus giganteus
Macropus fuliginosus
Macropus antilopinus

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar